Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Rendi     Tanggal : 17 Mei 2018 19:47     Dibaca: 805 Pembaca

Jangan Coba-coba Ceramah Paslon di Masjid, Sanksinya

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan Junaidi

Pagaralam, Detik Sumsel - Disepakatinya bahwa pada bulan Ramadhan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam boleh melakukan safari ramadhan ke masjid-masjid sesuai dengan jadwal kampanye yang sudah ditetapkan.

Bahkan dalam kegiatan safari ramadhan tersebut paslon boleh menghadirkan penceramah yang segala sesuatunya merupakan tanggung jawab paslon, namun dengan catatan asalkan penceramah itu nantinya tidak boleh mengkampanyekan, mengajak, menyampaikan program bahkan menyebut jargon paslon tersebut.

"Penceramah nantinya hanya boleh menyapa paslon tanpa menyelipkan kata-kata yang berbau kampanye seperti ajakan untuk memilih, menyampaikan visi dan misi serta program bahkan jargon paslon," jelas Ketua KPU Kota Pagaralam Yenli Elmanoferi saat dihubungi, Kamis (17/05)

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan Junaidi, menyikapi hal tersebut, pihaknya mengingatkan agar penceramah harus berhati-hati dalam menyampaikan materi dakwah mereka nantinya​.

"Memang hal ini tidak dilarang kalau untuk urusan keagamaan, namun perlu diketahui juga aturan yang sudah ditetapkan oleh PKPU,"terangnya.

Pasalnya, didalam PKPU tentang peraturan kampanye ada dua tempat yang dilarang untuk digunakan atau dipakai untuk kampanye yaitu tempat ibadah dan lingkungan pendidikan, dan jika itu ditemukan maka bisa ditindak atau dikenai sanksi."Ancamannya bisa di kurung atau di denda,"tegasnya

Dengan itulah, sambung Junaidi, tidak boleh sedikitpun dan tidak ada ruang bagi penceramah, timses serta paslon untuk kampanye disela-sela kegiatan safari ramadhan.

"Untuk itu Panwaslu Kabupaten/Kota harus intens mengawasi kegiatan politik paslon selama bulan Ramadhan,"pungkasnya. (rendi)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi