Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 12 Juli 2017 21:21     Dibaca: 144 Pembaca

Tanah Amblas, Ancam Tiang Penyangga Jembatan

Foto Istimewa

Pagaralam, Detik Sumsel – Kerusakan jembatan berlokasi di Dusun Tanjung Cermin, Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, cukup memprihatinkan. Sebelumnya, persis di pangkal jembatan badan jalan ambrol yang mengancam tiang penyangga jembatan. Saat ini, akses yang menghubungkan Dusun Ujan Mas, Tanjung Cermin - Perumnas Nendagung, atau menuju Perkantoran Gunung Gare, sama sekali tidak bisa dilalui. Karena seluruh badan jalan putus dan akan dilakukan perbaikan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Tata Ruang Kota Pagaralam.

Pantauan di lapangan, imbas putusnya akses di jembatan ini membuat warga sedikit terganggu untuk menjalankan aktivitasnya. Sebagian pengendara roda empat atau truk, tidak bisa melintas di lokasi. Sebagian warga lain terpaksa melintas memasuki dusun, pemukiman warga setempat.

Seperti yang diungkapkan Ujang (47), pengendara yang melintas di lokasi. Sebenarnya kondisi jembatan ini sudah lama rusak, awalnya tanahnya ambrol, kemungkinan tergerus aliran anak sungai, diduga bangunan jembatan tersebut tidak ada tembok penahan di sekitar tiang penyangga. Sehingga lambat laun tanah di sekitar tiang penyangga terbis, dan akhirnya ambrol. “Kondisi demikian tentu mengancam tiang penyangga jembatan yang sewaktu-waktu bisa ambruk,” katanya.

Di sepanjang akses ini belum lama sudah dilakukan pelebaran di kanan-kiri bahu jalan. Saat ini sepertinya baru akan dilakukan perbaikan persis di pangkal jembatan, dan sudah dilakukan pengerukan. “Kita harapkan perbaikan jembatan ini ini secepat mungkin dilakukan Pemkot melalui pihak terkait. Karena kendaraan, khususnya roda empat ataupun motor, tak lagi bisa melintas. Kalaupun dipaksakan, harus memasuki pemukiman dusun, baik dari arah Nendagung menuju dusun Ujan Emas dan Gunung Gare atapun sebaliknya,” ungkap Ujang.

Ditambahkan Kepala Dinas PU Penataan Tata Ruang Kota Pagaralam, Haryadi Razak ST MM, melalui Kabid Bina Marga, H Adriansyah ST mengatakan, pihaknya membenarkan kondisi akses di Dusun Tanjung Cermin saat ini belum bisa dilintasi, karena jembatannya rusak dan dalam tahap perbaikan.

“Mengingat keterbatasan anggaran, belum memungkinkan pembangunan jembatan baru. Namun dalam waktu dekat, kerusakan di pangkal jembatan tersebut akan dipasangi box culvert karena tanahnya amblas. Selain di sana, di lokasi lain juga akan dilakukan perbaikan yang sama, yakni saluran gorong-gorong di kawasan jalan Tanjung Cermin,” pungkasnya. (Gud)

 

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi