Iklan Lucianty Pahri
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Edy Parmansyah     Tanggal : 16 Mei 2018 19:54     Dibaca: 123 Pembaca

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Karang Taruna Laksanakan Ini

Asisten Bidang I Pemkab Muba, H Rusli SP MM , saat memberikan sambutannya

Sekayu, Detik Sumsel – Membantu meningkatan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumsel Tahun 2018, Karang Taruna Kabupaten Musi Banyuasin, dibantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muba dan Dinas Sosial Kabupaten Muba melaksanakan sosialisasi kepada anggota karang taruna se-kecamatan.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Muba, Chandra Wijaya SH mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakannya sosialisasi Pilkada bagi seluruh anggota karang taruna. Dikarenakan tingkat partisipasi pemilih masih rendah pada Pilkada Bupati tahun lalu yaitu berkisar sekitar 59 persen. Selain itu, rata-rata mata pilih yang golput adalah anak muda.  

"Kami yakin peran serta organisasi kepemudaan dalam hal ini Karang Taruna, mampu meningkatkan peran serta para pemuda untuk memberikan hak pilihnya. Diharapkan dengan kegiatan ini, anggota kami bisa menyampaikan kepada semua pihak bahwa pentingnya memberikan suara pada pemilihan nantinya,” tegasnya.

Asisten Bidang I Pemkab Muba, H Rusli SP MM mengatakan, Pemkab Muba menyambut baik atas ide diselenggarakannya sosialisasi Pilkada bagi Karang Taruna.  Karang Taruna diharapkan bisa menjadi pelopor dan meningkatkan partisipasi pemilih, sehingga bisa membawa pemilu pada level yang demokratis dan bermartabat.

“Ada empat partisipasi Karang Taruna dalam mewujudkan sukses pelaksanaan Pilgub. Pertama, Karang Taruna bisa menjadi penyelenggara pemilu. Kedua bisa melakukan pendidikan pemilih. Ketiga, bisa menjadi tim survey saat pemilu, dan yang terakhir adalah menggunakan hak pilihnya, oleh karena itu Karang Taruna diharapkan mampu membantu pemerintah dalam mensosialisasikan Pilkada pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang”. Kata Rusli. 

Menurut Kepala Dinas Sosial selaku Pembina Karang Taruna Kabupaten Muba, Drs H M Sayuti MSi dalam sambutannya menjelaskan, Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat, khususnya pemuda di wilayah desa/kelurahan.

"Karang Taruna didirikan dengan tujuan antara lain terwujudnya kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda di Desa dan Kelurahan, yang memungkinkan pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial di lingkungannya, "jelasnya. (edy)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi