Detik Sumsel Goes to Campus
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Heru Senovlan     Tanggal : 23 November 2017 17:01     Dibaca: 562 Pembaca

10 Sapi di Lahat Terjangkit Virus Jembrana

Istimewa

Lahat, Detik Sumsel -- Warga Setidaknya 10 ekor sapi bali, milik salah satu peternakan sapi di Kelurahan Sari Bungamas, Kecamatan Kota Lahat, tiba tiba ditemukan mati. Kejadian ini sempat membuat warga cemas, lantaran takut bisa berdampak pada warga.

Lani, pemilik peternak sapi bali itu mengatakan, dirinya tidak menyangka kalau hewan ternaknya bakal mati mendadak. Memang sebelumnya nafsu makan sapi miliknya sudah menurun, ditambah tidak bergairah seperti biasanya.

"Saat mati mengeluarkan darah dari pori-pori badan sapi. Kami langsung menelpon orang peternakan, untuk melihan kondisi ini, sambil membersihkan kandang," ujarnya, Kamis (23/11/2017).

Pihak peternakan bersama dokter hewan langsung meuncur ke lokasi. Setelah diperiksa, 10 sapi yang mati itu positif terjangkit virus jembrana (keringat darah, red). Membuat daging sapi, jika tidak dimasak dengan benar, bisa berbahaya bagi kesehatan manusia.

"Dagingnya bisa dimakan, tapi harus dimasak dengan benar. Untuk jeroan, usus dan hati, sudah tidak layak dikonsumsi, dikhawatirkan bisa menular ke manusia," terang, Kabid Perternakan dan Keswan, Ir Nursiwan.

Nursiwan juga mengatakan, ciri dari virus jembrana, diitandai dengan demam tinggi, nafsu makan menurun, diare bercampur darah, serta keluarnya air liur berlebihan. Bahkan akan timbul pembengkakan pada kaki, sampai menimbulkan pembusukan. Sapi lain yang tidak terjangkit, harus diisolasi dulu, sambil diberi antibiotik dan vitamin.

"Kandang sudah kita semprot desinfectan, untuk membunuh virus jembrana. Terpenting apabila ingin membeli sapi, setidaknya dilampirkan Surat Kesehatan Hewan (SKH) dari dokter hewan setempat," sampainya. (Heru).

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi