Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Dodi Chandra     Tanggal : 23 Februari 2018 15:32     Dibaca: 234 Pembaca

148 Koperasi di Muratara Masih Berbadan Hukum Mura

Foto ilustrasi

Muara Rupit, Detik Sumsel - Dinas Perdagangan, Perindustrian dan  Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengklaim jumlah koperasi di Bumi Beselang Serundingan ini sebanyak 315 koperasi. Tapi dari jumlah itu, 148 masih berbadan hukum kabupaten induk yakni Musi Rawas (Mura).

"Dari 315 jumlah koperasi itu, berdasarkan data di lapangan menunjukkan hanya 158 yang aktif," ujar Kepala Disperindagkop Muratara, Syamsu Anwar, melalui Kabid Koperasi dan UKM, Fadhilla, Jumat (23/02).

Diketahui dari jumlah 315 tersebut, sebanyak 158 koprasi yang masi aktip, sedangkan yang tidak aktif sebanyak 157 koperasi.

Untuk itu ia menghimbau kepada seluruh koperasi yang masih aktif, untuk mengurusi badan hukumnya ke Kabupaten Muratara.

Ia menjelaskan, dampak dari koprasi yang masih badan hukum di Kabupaten Mura, tentu pajaknya juga masuk ke Kabupaten Mura dan tidak ke Muratara.

"Kami akan terus melakukan pembinaan, supaya koperasi yang masih aktif bisa berkembang dan jangan sampai mati suri seperti koperasi yang lain,"tuturnya.

Kenapa banyak koperasi yang tidak aktif? Menurut Fadhila kendalanya mungkin kehabisan modal dan juga usaha yang dikembangkan tidak berkembang. "Kebanyakan itu kehabisan modal. Selain itu ada juga koperasi sudah didirikan tapi tidak dikembangkan,"pungkasnya. (der)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi