Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Butet Kertaradjasa     Tanggal : 02 September 2016 13:50     Dibaca: 544 Pembaca

2017 Gas Kota Bakal Teralisasi Di Muara Enim

Tampak kegiatan survey dari Dirjen ESDM bersama tim Kabupaten Muara Enim.

Muara Enim, Detik Sumsel- Program gas kota yang di programkan untuk di Kabupaten Muara Enim sepertinya bakal di gelontorkan. Diantaranya ada tiga kecamatan yang menjadi daerah pemasangan jaringan gas kota ini, yakni Kecamatan Lawang Kidul, Kecamatan Muara Enim dan Kecamatan Ujam Mas.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Muara Enim sekaligus sebagai Person Icarge (PIC) Ir H Zulkarnain MT kemarin (2/9). "Berdasarkan hasil rapat dengan pihak Dirjen Kementrian ESDM kemarin dengan pak bupati. Rencanyanya 2017 di untuk tiga kecamatan termasuk di lawang kidul yaitu Tanjung Enim," kata dia.

Dijelaskannya, dalam rapat tersebut   dilakukan pembahasan masalah action pemasangan jaringan gas kota. Dimana pemasangan gas kota tersebut, tentu perlu dukungan dari  masyarakat, perusahaan migas, sosial dan pemerintah daerah. Untuk itu, saat ini prosesnya terus berjalan, agar di 2017 mendatang program pemerintah pusat ini dapat dinikmati oleh masyarakat di Kabupaten Muara Enim ini.

Untuk itu, Ia juga mengatakan, dalam realisasi program ini hendaknya dapat didukung dalam melaksanakan pemasangan gas kota ke masyarakat. Baik itu, dari pemasangan jaringan, survey dan kegiatan lainnya dalam realisasi program gas kota ini, sebab gas kota ini beda dengan gas yang saat ini digunakan masyarakat. Karena lebih ramah lingkungan, tindak berbahaya dan lebih praktis.

"Mari kita sama-sama dukung realisasi pemasangan gas kota ini. Ini merupakan usulan pak Bupati sebelumnya, sekarang ditindak lanjuti Kementrian ESDM," tuturnya.

Semantara itu, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Muara Enim Ir Yulius melalui Kabid Energi Edi Erson ST mengatakan, untuk pelaksanaan program gas kota berdasarkan hasil rapat dengan pihak Direjen ESDM pusat yaitu Kasubit Teknis Migas Wahyu sudah melakukan bersama tim ke lapangan.

"Peninjauan dilihat dari kesiapan baik itu dari administrasi, sosial, teknis, maupun dukungan pemerintah dan masyarakat terhadap dalam rencna bangunan program gas kota," ujar Edi.

Dikatakan Edi, untum tahap I (Satu) ini akan direalisasikan sekitar 8 ribu sambungan dari tiga kecamatan ini. Sedangkan, target yang diperlukan untuk Kabupaten Muara Enim setidaknya ada 13 ribu sambungan gas kota. Namun, saat ini setelelah semuanya selesai, maka anggarannya akan di ajukan ke DPR RI dahulu. Jika sudah disetujui, maka program ini akan dibangun secepatnya.

"Jika semua proses itu sudah dilewati, maka direncanakan pada Februari dan Maret 2017 mendatang. Untuk itu, diharapkan dapat didukung dan disosialisasikan manfaatnya ke masyarakat," jelasnya. (ndi)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi