Diposting oleh : Iyan Ds     Tanggal : 11 Agustus 2017 19:29     Dibaca: 248 Pembaca

30 Pebalap Nasional Ikuti Kejurnas Speed Rally di Ogan Ilir

Suasana rapat koordinsi penyelenggaraan kejuaraan nasional speed rally di Indralaya. Ogan Ilir

Palembang, Detik Sumsel-Setelah sempat terhenti cukup lama, akhirnya Ikatan Motor Indonesia (IMI) kembali menggelar kejuaraan nasional (Kejurnas) speed rally. Pada seri I tahun ini, Kabupaten Ogan Ilir mendapatkan kepercayaan dari Pengurus Pusat (PP) IMI untuk menjadi penyelenggara. Rencananya, ajang bertajuk Kejurnas Indralaya-Ogan Ilir Merdeka Rally Seri 1 akan digelar 18-20 Agustus 2017.

Ketua PP IMI Sadikin Aksa mengungkapkan, Indonesia sudah lama tidak menggelar kejurnas speed rally. Terakhir, ajang tersebut dihelat pada 2010 lalu. Mengenai alasan kenapa pihaknya memilih Ogan Ilir sebagai lokasi penyelenggaraan seri 1, karena rute yang ada di Indralaya salah satu yang terbaik dan menjadi favorit pebalap selain Medan dan Makassar.

“Selain itu, kami juga berencana menyiapkan Sumsel untuk menjadi tuan rumah kejuaraan rally Asia Pasifik dan kejuaraan dunia. Juli kemarin kami sudah melakukan pembicaraan awal terkait ini,” ungkapnya pada pertemuan dengan jajaran pengurus IMI Sumsel, Bupati Ogan Ilir dan panitia kejurnas di Griya Agung, Jumat (11/8).

Ketua Panitia Speed Rally Anto Bambang Utoyo menambahkan, total peserta yang akan turun dalam event ini sebanyak 30 peserta dari berbagai daerah dan memiliki ranking 1-10. Ada dua kategori yang akan diperlombakan pada kejurnas nanti yakni sprint rally, menempuh jarak 13.5 KM dan speed rally dengan jarak 140,68 KM yang terbagi dalam 10 special stage (SS).

“Track rally di OI memiliki karakteristik tersendiri dan bisa membuat pebalap memacu kendaraannya 200 KM/jam. Selain itu, track di OI cukup lengkap karena ada lumpurnya, pasirnya dan tanah hitamnya. Inilah yang dirindukan oleh pebalap,"terangnya.

Sementara itu, Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam mengungkapkan, pihaknya siap membantu mensukseskan pelaksanaan kejurnas rally yang diselenggarakan oleh PP IMI. Dengan cara ini, pihaknya berharap dapat lebih mengenalkan kabupaten yang dipimpinnya ditingkat nasional melalui sport tourism.

“Apalagi Kabupaten Ogan Ilir mendapatkan kehormatan menggelar seri 1 speed rally, sebelum dilanjutkan di Medan dan ditutup di Makassar,"tuturnya.   

Untuk mendukung terselenggaranya kejurnas terserut, pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan membentuk panitia lokal, maupun fasilitas pendukung lainnya yang standar nasional.

"Untuk lokasi tracknya sendiri, berada di sebelah komplek perkantoran Pemkab OI di Tanjung Senai atau tepatnya di perkebunan tebu Cinta Manis. Rencananya kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan Pangdam II Sriwijaya,"urainya. (iyop)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi