Diposting oleh : Iyop DS     Tanggal : 08 Februari 2017 14:48     Dibaca: 274 Pembaca

4 Makanan Ini Penyebab Anda Gagal Diet

foto ilustrasi

Palembang, Detik Sumsel-Dini, seorang penulis yang bekerja di kantor selama 8 jam per hari. Tanpa disadari mengalami kenaikan berat badan secara konstan. Padahal, ia hanya mengonsumsi gado-gado, ketoprak, dan pecel. Alasannya hanya satu, Dini sedang diet.

Anda mungkin sedang melakukan program diet dengan mengurangi porsi makan. Seperti Dini, serta hanya mengonsumsi salad dan sayur-sayuran. Namun entah kenapa, berat badan malah meningkat.

Jawabannya adalah karena menu makanan yang salah. Pasalnya, semua makanan yang dikonsumsi oleh Dini kerap ditambah lontong serta bumbu kacang yang banyak mengandung kalori tinggi.

Berikut beberapa jenis makanan lain yang bisa menyebabkan anda gagal diet seperti dikutip klikdokter.com:

Kentang dan keripik kentang

Kentang termasuk sumber karbohidrat yang sehat dan mengenyangkan. Namun, bila digoreng atau dijadikan keripik, tentu saja tidak sehat. Satu kantong keripik kentang setara dengan 1 mangkok nasi, mengandung sekitar 150-200 kalori.

Roti tawar putih

Banyak pelaku diet yang mengganti nasi dengan roti. Namun, jangan sampai salah jenis roti! Roti yang baik untuk diet adalah roti gandum.

Roti tawar putih justru memiliki kadar indeks glikemik yang tinggi yang membuat gula darah Anda meningkat mendadak. Terlebih lagi, Anda juga akan cepat lapar karena kadar gula Anda juga akan cepat turun secara drastis.

Camilan

Anda pasti tahu kalau camilan tak baik untuk diet, kan? Beberapa orang berusaha menyiasatinya dengan camilan rendah lemak. Tapi, tahukah Anda kalau tersebut juga tidak baik? 

Camilan ini memang rendah lemak, namun tinggi akan kalori dan gula tambahan. Muffin rendah lemak memiliki 400 kalori dan 5 gram lemak. Contoh lain seperti: sereal, granola bars, dan yoghurt termasuk yang low-fat.

Makanan cepat saji

Pizza, hamburger, ayam goreng, dan mie instan adalah beberapa contoh makanan cepat saji. Makanan tersebut sangat tinggi akan kalori, lemak jahat, dan garam yang tidak baik untuk tubuh Anda.

Lagipula seringkali saat mengonsumi makanan cepat saji, Anda juga menambahkan pendamping seperti saus atau mayonnaise. Oleh karena itu, makan cepat saji seringkali merusak tujuan Anda untuk mencapai berat badan ideal.

Padahal, saus atau mayonnaise dapat merusak diet karena mengandung kalori, gula dan garam yang tinggi. Sebagai contoh, 1 sendok makan saos mayonaisse setara dengan 75-100 kalori.

Sudah tahu kan makanan yang dapat menjadi penyebab Anda gagal diet? Sebaiknya hindari makanan tersebut agar tidak menggagalkan tujuan Anda mencapai berat badan ideal.(iyop/net)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi