Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Firwanto M Isa     Tanggal : 12 Juli 2018 20:35     Dibaca: 460 Pembaca

Akui Siap Pimpin HMI Sumbagsel

Bambang Irawan

Palembang, Detik Sumsel-Menyambut perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), salah satu kader terbaik palembang saat ini dimajukan sebagai kandidat ketua umum Badko Sumbagsel untuk periode 2018-2020.

Desas-desus Musda Badko HMI Sumbagsel periode 2016-2018 sebentar lagi terlaksana, sebagian besar kader HMI Palembang mendorong sosok figur Bambang Irawan sebagai calon ketua umum Badko HMI Sumbagsel 2018-2020, 

Bambang Irawan atau sapaan akrabnya Jibon yang pernah dimajukan juga dalam momentum konfercab 54 HMI Cabang Palembang 2017 lalu dan pernah menjabat Ketua Bidang Pemberdayaan Umat HMI Cabang Palembang 2015-2016.

Saat dikonfirmasi mengenai pencalonannya, Bambang membenarkan kalau dirinya didorong sebagian besar kader HMI Cabang Palembang untuk dicalonkan sebagai ketua umum Badko HMI Sumbagsel 2018-2020.

"Sebagian teman-teman yang dulu memperjuangkan saya dalam konfercab HMI Cabang Palembang tahun lalu mendorong saya untuk maju sebagai calon ketua umum Badko HMI Sumbagsel periode kedepan 2018-2020, bagi saya itu sebuah harapan teman-teman terhadap saya, maka dengan bismillahirrohmanirrohim saya siap untuk maju sebagai kandidat ketua umum Badko HMI Sumbagsel," Tegasnya

Saat diwawancarai mengenai kesiapan dalam pencalonannya, bambang mengatakan sudah hampir 90% siap untuk menghadapi Musda Badko HMI Sumbagsel. 

"Insya Alloh kesiapan kita, saya dan tim sudah siap 90% dalam momentum Musda Badko HMI Sumbagsel 2016-2018 yang sebentar lagi digelar, kita mengusung tagline HMI Virtual" Ungkap Bambang melalui pesan Whatsapp pribadinya.

Lanjut bambang, HMI Virtual ini sebuah upaya kita dalam ikut menterjemahkan dari HMI Sustnaible yang diusung hari oleh PB HMI, Badko adalah sebuah perpanjangan tangan PB HMI untuk menjalankan kebijakan yang dikeluarkan oleh PB HMI untuk seluruh cabang-cabang HMI se-Indonesia.

"Didalam HMI Virtual ada dua usaha atau Konsep rencana strategis yang saya garis besarkan, yang pertama Metode Konservatif yang bergerak dalam menciptakan Generasi Ilmu dengan kerangka kerja Studying dan Capacity Building dengan tetap tidak meninggalkan tradisi intelektual yang telah ada di tubuh himpunan dan cara kerja Studying dengan melakukan proses pengkajian, penelitian dan pengembangan secara intensif sesuai dengan tuntunan zaman, keadaan dan tantangan serta kebutuhan masing-masing cabang yang ada di sumbagsel. sedangkan cara kerja Capacity Building dengan melakukan penguatan dan pengembangan SDM HMI dengan membina jiwa kreatif kader HMI sumbagsel secara kolaboratif bersama stake holder dalam mengawal bonus demografi." jelas bambang.

Adapun metode kedua, Bambang menyebutnya dengan istilah Maximizing Energy, merupakan Generasi Amal dengan sebuah ikhtiar untuk menciptakan dan mendistribusikan kader-kader terbaik sumbagsel melalui mindset kompromistis dan komitmen kebersamaan yang tinggi dalam menyambut peluang-peluang yang diberikan PB HMI dan menyambut bonus demografi 2020-2030.

Berikut Biografi Bambang Irawan

Bambang Irawan adalah pemuda kelahiran Lubuklinggau Sumatera Selatan, 27 April 1993. pendidikan masa kanak-kanak sampai dengan Sekolah Menengah Pertama semuanya ia tempuh di kota Lubuklinggau. 2008 ia terdaftar sebagai Santri Pondok Pesantren Darussalam Tegineneng Lampung Selatan, setelah mengenyam selama satu tahun pendidikan sekolah eksternal di Darussalam, 2009 ia pindah ke pondok pesantren Qodratullah Langkan Banyuasin Sumsel, pada tahun 2011 secara resmi ia terdaftar sebagai Mahasiswa Perbandingan Mazhab dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang dan saat ini dirinya sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Munaqasyah dengan Judul Skripsi Sanksi Anak sebagai pelaku pelecehan seksual terhasap Anak (Studi kompartid Hukum Islam dan UU No 35 Tahun 2014)

Pria yang akrab disapa Bambang / Jibon ini, pernah diusung 9 Komisariat dari 13 komisariat penuh dalam Konfercab 54 HMI Cabang Palembang 2017 dan pernah menjabat Ketua Bidang Pemberdayaan Umat HMI Cabang Palembang 2015-2016. semasa kuliah ia pernah aktif juga distruktual HMJ PMH UIN Raden Fatah Palembang  2012-2013 sebagai Wakil Bidang Kajian Kitab lintas jurusan dan terakhir sebagai Anggota Senat Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang.

Kaderisasi di internal HMI, Bambang telah mempariprunakan training formal HMI dari Basic training (LK I) di komisariat Ushuluddin UIN Raden Fatah, Intermediate Training (LK II) HMI Cabang Yogyakarta dan Advanced Training (LK III) Badko HMI Sumbagsel di Lampung.


Pengalaman struktural di internal HMI, dimulai dari wasekum bidang eksternal komisariat Syariah UIN Raden Fatah, Departemen Bidang Pemberdayaan Umat HMI Cabang Palembang dan terakhir sebagai Ketua Bidang Pemberdayaan Umat HMI Cabang Palembang 2015-2016.

Bambang juga aktif mengikuti training-training diluar HMI dan pengalaman struktural diluar HMI, Pelatihan Kepemimpinan Dasar 2012 Demaf Syariah UIN Raden Fatah, Pelatihan Jurnalis 2013 LPM UIN Raden Fatah, Pelatihan Kader Pembina Bela Negara Menhan 2015, Pengurus Harian Ikatan Alumni PP Qodratullah (IKAPPQ), Pengurus Harian Ikatan Wartawan Online (IWO) sumsel, Wakil Ketua APKLI sumsel. (Fir)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi