Situs Berita Detik Sumsel
Redaksi Detiksumsel.com
Diposting oleh : Firwanto M Isa     Tanggal : 30 September 2016 01:42     Dibaca: 602 Pembaca

Alex Noerdin : Mohamad Isa Sosok Tauladan Sumsel

Alex Noerdin saat sambutan pada Peluncuran Buku Biografi Mohamad Isa Pejuang Kemerdekaan Yang Visioner di Gramedia World Palembang, Kamis (29/9)

Palembang, Detik Sumsel- Gubernur pertama Provinsi Sumatera Selatan Mohamad Isa merupakan sosok yang patut menjadi teladan bagi masyarkat Sumsel khususnya para generasi penerus. Selain menjadi gubernur muda Sumsel, juga sebagai pejuang kemerdekaan yang visioner.

Gubernur Alex Noerdin menilai, sosok panutan yang dilihat dari bedah buku Mohamad Isa adalah sosok sederhana tapi tegas, memiliki visi jauh ke depan serta memiliki pendidikan dan berintegritas. Hal inilah bagian dari syarat seseorang sebagai kepala daerah.

"Mohamad Isa menjadi teladan di Sumsel karena menjadi Gubernur Muda Sumsel. Sebagai Gubernur saya tidak boleh memalukan gubernur sebelumnya karena Gubernur Sumsel harus menjadii Macan Dunia," ungkap Alex Noerdin saat menghadiri Peluncuran Buku Biografi Mohamad Isa Pejuang Kemerdekaan Yang Visioner di Gramedia World Palembang, Kamis (29/9).

Lanjut Alex Noerdin, masyarakat Sumsel sebagai bagian dari generasi penerus perjuangan Mohamad Isa harus bisa melihat ke depan menjadikan daerahnya jadi yang terdepan di Indonesia.

Saat ini kata Alex, Provinsi Sumsel dalam banyak menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia, salah satunya di dalam pengelolaan lingkungan.

"Melalui peluncuran buku ini diharapkan menjadi inspirasi bagi kita semua, khususnya bagi Pemerintah Sumsel dalam membawa Sumsel menjadi yang terdepan," ujar Alex.

Penerbitan biografi salah satu tokoh dalam penggerak politik Indonesia ini menjadi upaya untuk mengabdikan figur yang memiliki peran dalam memperjuangkan kemerdekaan dan pembangunan khususnya di Sumsel.

Untuk diketahui, Mohamad Isa lahir di Binjai (Sumatera Utara), 4 Juni 1909 lulusan School tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT) sekolah dokter gigi yang didirikan pemerintah kolonial Belanda di Surabaya. Ia sempat berpraktek di Palembang, hingga akhirnya menekuni dunia politik.

Jejak langkah perjuangan dan kerja politik Mohamad Isa adalah sebuah karya nyata yang visioner dalam mengisi kemerdekaan. Dua kali menjabat Gubernur Sumsel, menjadi penasehat ahli dari Delegasi Republik Indonesia ke Konferensi Meja Bundar (KMB), ikut membangun perusahaan minyak republik Indonesia (Permiri), dan mendirikan N.V. Karet Sumsel. Kemudian menjadi Anggota DPR RI dan DPR-GR/MPRS serta membidani kelahiran Universitas Sriwijaya.

Pengabdian Mohamad Isa ini dianugrahi penghargaan Bintang Mahaputera Utama oleh Presiden Megawati melalui Kepres No. M111/TK/tahun 2001 bertanggal 3 November 2011. Di masa pemerintahan Presiden Soekarno, Mohamad Isa juga mendapatkan penghargaan Bintang Gerilya, Satya Lencana Peristiwa Perang Kemerdekaan Pertama dan Satya lencana Peristiwa Perang Kemerdekaan Kedua. (ril/fir)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi