Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : DP     Tanggal : 18 Mei 2017 09:45     Dibaca: 457 Pembaca

Android Go, OS Ringan Untuk Perangkat Low End

Ilustrasi aplikasi Facebook Lite yang dipakai pada OS Android Go (Istimewa)

DETIK SUMSEL - Google menggagas proyek baru yang disebut "Android Go". Dijelaskan VP Product Management Android,  Sameer Samat, Android Go merupakan versi 'ringan' dari Android O yang dikhususkan beroperasi pada perangkat Android dengan harga terjangkau. Dan nantinya, perangkat ini akan dijual di negara-negara berkembang. 

“Android Go berjalan pada perangkat dengan spesifikasi entry level, dan juga diperuntukkan bagi pengguna dengan keterbatasan jaringan dan kemampuan,” kata Samat saat mengisi sesi keynote Google I/O 2017 di Shoreline Amphitheater, California, Amerika Serikat, Rabu (17/5/2017).

Menariknya, Android Go bahkan bisa berfungsi pada perangkat dengan memori di bawah 1 GB. Namun, mengingat perangkat yang berjalan dengan Android Go, semua aplikasi yang diinstal adalah aplikasi ‘lite’, atau memiliki memori yang kecil, contohnya seperti YouTube Go, Facebook Lite dan Twitter Lite.

Bahkan, browser Chrome di Android Go memiliki fitur Data Saver dimana tetap bisa menge-load banyak laman,.namun tidak mengonsumsi data secara boros.

Fitur Android Go yang bisa dimanfaatkan adalah kemudahan pengguna ketika mendapatkan gambaran sebelum melakukan streaming video. Asyiknya lagi, pengguna bahkan bisa mengunduh video saat terhubung via Wi-Fi dan bisa menontonnya secara offline.

Nantinya, smartphone terjangkau yang akan menggunakan Android Go akan hadir dengan Google Play Store edisi ekonomis. Jadi, saat pertama kali membuka Play Store, mereka akan langsung disuguhkan deretan aplikasi irit data yang bisa langsung diinstal di smartphone.

Sayangnya, Samat tidak mengungkap kapan Android Go akan diluncurkan. Bisa jadi, Android Go akan meluncur bersamaan dengan versi final Android O dalam waktu dekat. (net) 

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi