Diposting oleh : Edy Parmansyah     Tanggal : 12 Agustus 2017 09:58     Dibaca: 644 Pembaca

Aneh, Oknum Kades Ini Laksanakan Pelatihan Diluar Desanya

Pelaksanaan pelatihan untuk kelompok perempuan, yang dilaksanakan diluar desa oleh salah satu oknum kades di Kecamatan Batang Hari Leko, Kabupaten Musi Banyuasin.

Sekayu, Detik Sumsel – Ternyata, ada-ada saja upaya aparatur desa untuk mengakali alias mengatur anggaran yang diduga bersumber dari Dana Desa (APBN), agar bisa memperoleh keuntungan pribadi.  Seperti yang diduga dilakukan oleh salah satu oknum Kades di Kecamatan Batang Hari Leko, yaitu Desa Sako Suban, yang melaksanakan pelatihan tatarias kepada kelompok perempuan desa. 

Bedasarkan salah satu sumber yang enggan menyebutkan namanya, mengungkapkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan oleh oknum kades tersebut, ditemukan sejumlah kejanggalan. Diantaranya, lokasi pelaksanaan berada di Kota Sekayu, tepatnya di salah satu Rukan (Rumah Kantor) yang ada disekitar kawasan Randik. Selain itu, peserta dari pelatihan tersebut bukanlah masyarakat Desa Sako Suban, melainkan warga yang ada disekitar lokasi pelatihan. Belum lagi adanya salah satu peserta merupakan operator tenaga ahli dari Dana Desa itu sendiri. “Banyak kejanggalan proses pelatihannya, mulai dari tempat, peserta, dan lebih aneh lagi, spanduk kegiatan ditulis dengan tangan,” bebernya.

Dia meminta untuk Pemkab Muba melalui dinas terkait, untuk lebih mengawasi penggunaan Dana Desa yang seharusnya lebih bermanfaat. “kami meminta Pemkab Muba untuk segara turun kelapangan untuk memperhatikan kondisi ini,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muba Drs Habiburrahman, melalui Sekretaris dinas, Ardiansyah, SE, MM, saat ditemui mengatakan akan segera menindak lanjuti persoalan tersebut. Walaupun kegiatan telah dilaksanakan ada 2016 yang lalu. “Ini sebagai bahan evaluasi, walaupun saya sendiri belum genap satu bulan berada diposisi ini,” pungkasnya. (edy)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi