Diposting oleh : Yong Din San     Tanggal : 20 Februari 2017 08:28     Dibaca: 329 Pembaca

Anggota MPR RI Gelar Sosialisasi Bhineka Tunggal Ika

Anggota MPR RI, Hendri Zainuddin, menggelar acara Sosialisasi Bhinneka Tunggal Ika di Numa Coffe, hari Sabtu tanggal 18 Februari 2017

Palembang, DetikSumsel- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, Hendri Zainuddin, menyelenggarakan acara Sosialisasi Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Bhineka Tunggal Ika dan Putusan MPR, di Numa Coffe hari Sabtu tanggal 18 Februari 2017.

Dalam kesempatan itu, Hendri Zainuddin menyatakan bahwa Kebhinekaan adalah kekayaan negara yang harus diakui, diterima, dan dihormati. Menurut dia, Kemajemukan adalah anugerah yang harus dipertahankan, dipelihara, dan dikembangkan.

"Keragaman budaya adalah kepercayaan yang ada di Bumi Indonesia. Keragaman budaya di negara kita adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Indonesia juga terdiri dari berbagai kebudayaan daerah yang bersifat kewilayahan." katanya.

Hendri Zainuddin yang menjabat sebagai Anggota Komite I DPD RI itu menjelaskan, Semboyan Bhinneka Tunggal Ika mulai menjadi pembicaraan terbatas diantara Muhammad Yamin, Soekarno, dan I Gusti Bagus Sugriwa, dalam sidang-sidang BPUKI sekitar dua setengah bulan sebelum proklamasi.

"Secara resmi, lambang tersebut dipakai dalam Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat yang dipimpin Bung Hatta tanggal 11 Februari 1950 yang lalu, berdasarkan rancangan yang dibuat oleh Sultan Hamid II. " jelasnya.

Dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, Hendri Zainuddin mengajak Masyarakat Sumatera Selatan untuk saling menghasihi dan menyayangi serta menghargai setiap perbedaan.

"Perbedaan tradisi, bahasa, dan adat istiadat antara satu etnis dengan etnis lainnya, adalah aset bangsa yang harus kita hargai dan lestarikan. Saling curiga dan mencurigai, harus kita buang jauh-jauh. Saling percaya dan mempercayai, harus dikembangkan." ajaknya. (adv)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi