Diposting oleh : Chandra Adhitya     Tanggal : 09 Februari 2017 16:51     Dibaca: 268 Pembaca

Antisipasi Bencana, Dinsos Siagakan 179 Tagana di 10 Kecamatan

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Empat Lawang, Umar Hasan

Empat Lawang, Detik Sumsel – Untuk meningkatkan pelayanan dalam memberikan bantuan kepada korban bencana agar cepat diserap, Dinas Sosial telah menempatkan 179 Tagana yang tersebar di 10 Kecamatan di Kabupaten Empat Lawang untuk cepat tanggap dan mengumpulkan data korban bencana.

“Tiap Kecamatan sudah ada kami tempatkan Tagana. Yang diharapkan jika terjadi bencana di wilayah kecamatannya, anggota tersebut langsung datang guna membantu dan mendata kerugian korban dan langsung mengirimkan data kepada kami. Setelah menerima data, kami langsung meluncur ke lokasi untuk memberika bantuan,” ujar Kepala Dinsos Empat Lawang Hasbullah melalui Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Umar Hasan, Kamis (09/02)

Dijelaskannya, jika data yang diterimanya harus akurat sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran berdasarkan korban yang mengalami kerugian dengan berkoordinasi dengan Kepala Desa dan Camat setempat.

“Contohnya misal terjadi kebakaran, anggota tangana Kecamatan langsung turun ke lokasi dan mendata berapa rumah rusak berat dan ringan, jumlah KK, jumlah jiwa, pendidikan korban apa masih sekolah apa tidak, dan berkoordinasi dengan Kades dan Camat, barulah datanya dikirim kepada kami dan kami turun ke lapangan membawa bantuan,” ucapnya

Ketika ditanya mengenai bantuan yang diberikan kepada korban, dirinya menuturkan jika kebutuhan pokok yang paling utama, seperti sembako, tenda, selimut, pakaian, dan pakaian sekolah, sedangkan untuk kerusakan itu bukan tupoksinya. “Kalau ada kerusakan rumah karena bencana, itu bukan tugas kami. Silahkan berkoordinasi dengan Instansi terkait dalam hal ini Ekobang Setda Empat Lawang,” terangnya

Meskipun demikian, pihaknya meminta kepada seluruh anggota tagana yang tersebar di setiap Kecamatan dapat bekerja dengan baik. “Yang terpenting kepada tagana harus cepat tanggap jika terjadi bencana, agar bantuan yang diberikan pun cepat diserap korban yang membutuhkan,” tandasnya (cha)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi