Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Butet Kertaradjasa     Tanggal : 16 Juni 2017 14:46     Dibaca: 380 Pembaca

Antisipasi Lonjakan Harga, Buka Pasar Penyeimbang

Pembukaan bazaar pasar Penyeimbang

OKU Timur, Detik Pumsel- Perayaan Idul Fitri 1438 H yang akan tiba beberapa hari lagi untuk itu Guna mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok, Dinas Pertanian OKU Timur menggelar Pasar Penyeimbang di Desa Kota Baru Induk Kecamatan Martapura OKU Timur, tepat di depan kantor dinas pertanian OKU Timur didesa kota baru induk Martapura

Menurut Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Ir Ruzuan Efendi, pelaksanaan pasar penyeimbang yang di motori oleh Dinas Pertanian OKU timur tersebut telah berlangsung sejak Senin (12/6).

"Seperti telah menjadi tradisi tahun menahun, jelang perayaan hari raya keagamaan selalu berbanding lurus dengan kenaikan harga-harga kebutuhan di pasaran terutama pada kebutuhan pokok. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi lonjakan harga yang signifikan, mulai hari senin tanggal 12 Juni 2017 Dinas Pertanian OKU Timur mengadakan pasar penyeimbang," ujarnya saat di wawancarai wartawan detiksumsel di sela-sela kegiatan pasar penyeimbang, Jumat(16/6).

Pasar penyeimbang merupakan salah satu cara pemendekan mata rantai tataniaga yang ada. " Dengan pemendekan tataniaga tersebut, permainan harga yang akan berimbas dengan melonjaknya harga dipasaran akan terminimalisir. Sehingga pembeli bisa mendapatkan harga yang standar," jelasnya.

Meski baru berjalan 4 hari, dampak positif dari adanya pasar penyeimbang tersebut sudah dapat dirasakan oleh masyarakat. Selain bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok berkualitas dengan harga layak, disinyalir dengan adanya pasar penyeimbang tersebut membuat turunnya harga bawang putih di oku timur yang sempat terjadi pelonjakan.

"Di awal pelaksanaan pasar penyeimbang pada senin lalu, harga bawang putih dipasar hampir mencapai di angka 38 ribu rupiah. Alhamdulilah saat ini harga bawang putih bisa kembali normal menjadi 24 ribu rupiah per kilo gramnya," tuturnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi. Tidak kurang dari 4 tenda penjualan berdiri disana yang berisikan beragam kebutuhan pokok seperti beras super, beras organik, minyak goreng, gula, daging, tepung dan masi banyak lagi kebutuhan pokok lainnya dan hingga hari ke empat antusias warga terhadap beras organik cukup tinggi terbukti dengan besarnya daya beli masyarakat terhadap beras organik tersebut. 

Masih menurut Ruzuan, selain di jual dengan harga yang standar pemasaran, semua bahan pokok yang di jual disini berasal dari distributor yang terpercaya yang tentu saja dengan memperhatikan kualitas yang baik dan memastikan pasar penyeimbang akan kembali di gelar bila terjadi lonjakan harga dipasaran.

"Bila ada lonjakan harga di pasaran, kami akan kembali menggelar pasar penyeimbang ini. Tidak hanya disini, kedepan kami akan menggelar pasar penyeimbang ini di tempat-tempat lain seperti di daerah belitang," pungkasnya. (rdn) 


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi