Diposting oleh : DP     Tanggal : 29 Juli 2017 07:52     Dibaca: 226 Pembaca

Apple Dyne, Inovasi Pasta Gigi dari Apel Malang

Istimewa

DETIK SUMSEL - Luh Putu Widiasih Wijayanti Tusan, mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM) Surabaya, Jawa Timur, menciptakan pasta gigi dari apel manalagi. Bahan dari buah tersebut sangat efektif untuk pencegah karies dan plak dari sisa-sisa makanan pada gigi.

Awalnya terciptanya pasta gigi tersebut karena merupakan sebagai pelengkap tugas akhir kuliahnya. Hasil karya gadis asal Pulau Dewata ini diberi nama Apple Dyne.

"Rasa apel dari Malang ada rasa kesat di mulut dan gigi seusai memakan. Ternyata, rasa kesat yang ditimbulkan apel itu adalah antibakteri Streptococcus mutans," ucap Widi, sapaan akrab mahasiswi UKWM ini, beberapa waktu lalu.

"Saat mengonsumsi apel Malang secara rutin itu secara tidak langsung sama seperti sikat gigi dan dapat membantu mencegah karies," Widi menambahkan. 

Mahasiswa semester delapan ini juga memanfaatkan zat aktif katekin yang banyak terdapat di kulit dan daging buah apel asli Indonesia itu. Jadi, tak hanya rasa yang dijadikan fokusnya.

"Untuk mendapatkan zat aktif katekin saya lebih memilih bentuk pasta gigi berbasis gel opaque/buram sebagai topik penelitian skripsi saya," tutur gadis berparas manis keturunan Bali ini.

Widi menjelaskan, bentuk pasta gigi dipilih karena merupakan tipe perawatan gigi paling sederhana dan umum yang dikenal masyarakat. (net)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi