Iklan Lucianty Pahri
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Red     Tanggal : 02 Mei 2018 21:52     Dibaca: 166 Pembaca

Asri Komitmen Turunkan Angka Putus Sekolah di Sumsel

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel, Aswari Rivai-Irwansyah

Palembang, Detik Sumsel- Calon gubernur Sumsel Aswari Rivai dan calon wakil gubernur Sumsel Irwansyah Rebuin turut memperingati hari pendidikan nasional 2018. Pendidikan menjadi sektor penting untuk diperhatikan, salah satunya melalui program Kartu Sumsel Cerdas (KSC).

Bagi paslon nomor urut dua yang juga didukung partai Gerindra dan PKS di pilkada Sumsel periode 2018-2023 ini,  melalui KSC, nantinya siswa mulai dari jenjang sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) akan mendapat alat penyalur bantuan subsidi dana belajar siswa.

Kemudian siswa yang memiliki KSC, diharapkan dapat lebih semangat lagi bersekolah. Paslon yang diusung oleh Geridra dan PKS ini berharap, melalui KSC dapat menurunkan angka putus sekolah di Sumsel. 

Ditemui usai menghadiri kunjungan kerja Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo, Irwansyah berjanji dirinya bersama Aswari akan memberikan dukungan penuh terhadap akses pendidikan untuk anak di Sumatera Selatan. Salah satunya melalui KSC ini yang diinginkannya dapat membawa kenaikan pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Sumsel.

"Saat ini program pendidikan yang ada sudah cukup baik, tapi kami akan upayakan terus pelayanan maksimal yang lebih baik lagi. Kami komit akan hal tersebut, sekolah gratis, kesehatan gratis, dan lainnya," ungkap Irwansyah pada (2/5/2018).

Sementara itu, Aswari mengatakan, biaya pendidikan gratis akan ditanggung sepenuhnya oleh APBD Provinsi, bukan lagi dibebankan setengahnya pada pemerintah kabupaten atau kota di Sumsel. Sebab selama ini pengalamannya memimpin Kabupaten Lahat dua periode, 50% biaya pendidikan dibebankan pada pemda.

"Itu sudah bagus, tapi masih banyak yang kurang saya rasa seharusnya tidak dibebankan kepada APBD daerah. Jadinya kabupaten kota harus mensuplai dananya (APBD daerah) yang harusnya menjadi kewajiban pemprov," ungkap Aswari.

Sebagai informasi tambahan, tidak hanya KSC, Aswari-Irwansyah memiliki dua program unggulan bidang pendidikan lainnya yaitu Redistribusi Guru dan SMK Baru.

Diharapkan dengan adanya redistribusi guru, penyaluran tenaga pendidik yaitu guru yang memiliki sertifikasi akan dilkakukan demi meratanya rasio guru dan murid. Tidak hanya itu, jika terpilih,  Aswari-Irwansyah akan menggandeng relawan, untuk membantu mengajar hingga ke pelosok Sumsel. 

Terakhir, SMK baru akan didirikan di setiap kecamatan di Sumsel. Berbeda dengan biasanya, SMK baru ini akan difokuskan sesuai kebutuhan dan karakter industri setempat. Harapannya, lulusan dapat langsung ditampung di dunia kerja, demi menekan angka pengangguran. (Ril) 

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi