Diposting oleh : AMS     Tanggal : 11 Maret 2017 09:59     Dibaca: 1165 Pembaca

Ayo Ikuti Program Beasiswa Tahfidz Ke Turki

Para Santri menghafal Al - Qur'an

Palembang,DetikSumsel- Kabar gembira bagi penghafal al-Qur'an di Sumsel yang ingin menempuh pendidikan ke Turki. Pasalnya, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI bekerjasama dengan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia - Turki / United Islamic Cultural Center Of Indonesia - Turkey (UICCI) telah membuka Program Beasiswa Tahfidz Al - Qur'an (PBTQ).

Khusus untuk Sumsel, bagi mereka yang lolos akan mendapatkan pendidikan di Ponpes Sabilulhasanah Sulaimaniyah dengan Kemenag dan UICCI turki. Ditargetkan dalam 1 tahun hafal 30 juz. Selanjutnya akan diberangkatkan ke turki selama 3 tahun. "Seluruh biaya digratiskan," kata Sekretaris yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilul Hasanah kepada DetikSumsel.Com, Sabtu (11/3).

Dikatakan, program ini bertujuan pengembangan santri di bidang Qira'at al-Qur'an, Tahfizh Qur'an, kajian ilmu - ilmu ke islaman (akidah, Akhlaq, Rasawwuf, Fiqh, Hadist, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab, Serta bahasa Turki.

"Seleksi calon mulai tanggal 13 Maret-13 Mei 2017. Untuk program Tahfidz informasi dan pendaftaran di Komplek Griya Mitra 2 Blok A23 bukit lama IB I palembang atau menghubungi nomor 081338861181," jelasnya.

Diterangkan, ada 2 (dua)  tahapan tes yang akan dijalani peserta. Yakni, pertama tes tulis dan wawancara. Sedangkan mengenai soal tes, kemenag pusat yang menyediakan. Lalu, tes kedua selama 3-5 hari di asrama. Untuk melihat keseharian santri tersebut. "Program ini murni beasiswa dari kemenag pusat dan UICCI. Belum ada bantuan dari Pemda setempat," ungkapnya. 

Diketahui, program ini berdasarkan sesuai surat edaran yang dikeluarkan Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dengan nomor 614/Dt.1.11.5/HM.01/03/2017 yang ditujukan kepada Kepala Kanwil Kementrian Agama  RI Prov.Seluruh Indonesia. "Kami berharap sebenarnya ada bantuan dari donatur dan bantuan dari pemrov. Untuk kelancaran program tahfidz ini," harapnya. (Pen)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi