Diposting oleh : Butet Kertaradjasa     Tanggal : 30 Januari 2017 14:39     Dibaca: 287 Pembaca

Banjir di Bangka Dipicu Tambang Timah Ilegal

Istimewa

Pangkal Pinang, Detik Sumsel- Wakil Bupati Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Markus, mengatakan, aktivitas tambang timah ilegal di sepanjang bantaran sungai ikut menjadi penyebab terjadinya banjir bandang yang berimbas rusaknya infrastruktur dan terendamnya pemukiman warga. “Kami sudah berulangkali memberi peringatan. Ditertibkan muncul lagi,” ujar Markus.

Ia mengaku, rumahnya beberapa kali didatangi warga yang protes dengan penertiban yang dilakukan pihaknya. Warga beralasan mata pencarian mereka terganggu. “Sepanjang sungai ini kalau ditanami pohon, kemudian digali lagi buat timah. Kan rusak,” ujarnya.

Menyikapi rusaknya infrastruktur seperti jalan dan jembatan, pemerintah daerah berencana berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat agar dialokasikan anggaran untuk pembangunan baru.

Dari 5 jembatan yang terdampak banjir, 2 di antaranya ambruk mengakibatkan akses jalan nasional yang menghubungkan Pulau Bangka dan Palembang, Sumatera Selatan putus total. Belum dilaporkan adanya korban jiwa dalam musibah banjir ini. Kerugian ditaksir mencapai ratusan miliar rupiah.(net)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi