Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : AMS     Tanggal : 27 Desember 2017 10:22     Dibaca: 273 Pembaca

Banyak Korban Tidak Berani Melapor

Kabid PPPA dan PM kota Palembang, Hasnil Mazraah SE

LIPSUS, DetikSumsel- Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (PPPA dan PM) Kota Palembang, Hasnil Mazraah SE mengatakan "Misalnya, di kota A muncul kasus seperti itu berjumlah 10 lalu di kota B misalnya 15, sebenarnya belum tentu hanya berjumlah seperti itu. Biasanya data yang diperoleh tersebut hanya dari yang berani melapor saja yang tidak berani melapor kita kan tidak tahu," ungkapnya.

Untuk data yang lebih akurat, Hasnil mengatakan pihaknya tidak seluruhnya memiliki, untuk data pihaknya hanya mendata dari laporan masyarakat kepada Dinas PP,PA dan PM saja. "Kita disini hanya memiliki data laporan dari masyarakat saja, justru yang melapor kepada Dinas kita tidak terlalu banyak," tambahnya.

Baca juga: http://detiksumsel.com/waspada-sumsel-rawan-predator-asusila

Masih dikatakannya, dalam mengatasi tindak kekerasan seksual terhadap anak, pihaknya selalu melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat bahkan ke setiap sekolah, terutama Sekolah Dasar (SD) yang ada di kota Palembang. "Kami sosialisasi tentang keberadaan kami, tentang Tupoksi kami yaitu melindungi anak. Melindungi anak itu merupakan pemenuhan hak anak dari tindak kekerasan terutama kekerasan seksual terhadap anak," ujarnya.

Baca juga: http://detiksumsel.com/dampingi-korban-gencar-sosialiasi-ke-sekolah

Dirinya berharap, peran keluarga dapat selalu aktif dalam memberikan Edukasi kepada anak sejak dini, dumulai dari pengenalan organ-organ tubuh hingga hal-hal yang dilarang untuk dilakukan orang lain kepada mereka. "Perlindungan anak itu harus dimulau dari keluarga, karena itu memang merupakan tanggung jawab keluarga, masyarakat dan pemerintah. Dan keluarga juga harus selalu perhatikan lingkungan sekitar anak," pungkasnya. (Wira)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi