Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 17 Januari 2017 23:57     Dibaca: 489 Pembaca

Banyak Pensiun, Pagaralam Kekurangan Guru SD

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Pagaralam, Drs Majohan Derah MPd

 

Pagaralam, Detik SumselJumlah guru di Kota Pagaralam pasca pengambilalihan status ke Provinsi di Kota Pagaralam berkurang. Sisi lain, untuk jumlah ‘pahlawan tanpa jasa’ yang mengajar di tingkat Sekolah Dasar (SD), sejauh ini banyak yang pensiun dan dinilai perlu untuk penambahan SDM.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Pagaralam, Drs Majohan Derah MPd, melalui Kabid TTNT, Darmasnyah, didampingi Junayah mengatakan, adapun rincian untuk guru PNS, sebanyak 732 guru yang mengajar di tingkat SD, sementara untuk SMP sebanyak 385 guru. “Kondisinya saat ini banyak guru SD yang pensiun,” katanya.

Lanjut Darmansyah, jika dibandingkan dengan keberadaan jumlah guru PNS dengan Non PNS, saat ini pengajar, baik di SD ataupun SMP sederajat di Kota Pagaralam dominan sudah PNS. “Pasca pengalihan status SMA/SMK ke provinsi belum didata ulang kembali. Namun jumlahnya saat itu ada sekitar 611 guru non PNS yang mengajar. Mulai dari SD, SMP dan SMA,” katanya seraya menyebutkan, sekitar 367 guru SMA/SMK per Januari 2017 ini sudah mulai penggajian dari provinsi, dengan kata lain menjadi pegawai Disdik Provinsi Sumsel.

Sementara, kekurangan jumlah guru di tingkat sekolah dasar, kata Darmansyah, tentunya akan dilakukan penambahan untuk ke depannya. Mengingat kondisinya saat ini banyak yang pensiun, sementara untuk SMP tidak kurang, ulasnya. “Terutama untuk kualifikasi pendidik tingkat sekolah dasar khusus lulusan pendidik guru sekolah dasar,” pungkas Darmansyah. (vhan)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi