Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Feriandi     Tanggal : 10 Juli 2018 17:06     Dibaca: 296 Pembaca

Baru Panen, Ikan Lele di Kelurahan Talang Jawa Diserbu Warga

Istimewa

Baturaja, Detik Sumsel -- Program kampung lele dengan sistem ozonisai kelurahan Talang Jawa yang di motori oleh Lembaga Lingkungan Hidup Jejak Bumi Indonesia Kabupaten Ogan Komering Ulu mulai membuahkan hasil dengan mulai dipanennya lele hasil budidaya tersebut, Selasa sore (10/7). 

Ketua LLH Jejak OKU Hendra Setiawan mengatakan semestinya panen ini dilakukan pada Minggu kemarin, namun karena kesibukan para anggota kelompok budidaya baru bisa dilakukan hari ini. "Ini baru satu kolam yang kita panen" ucapnya.

Disebutkan Hendra dari 4000 bibit ikan/kolam yang disebar pihaknya dapat memanen sekitar 400 kilogram ikan lele, dengan rincian 1 Kg sekitar 7 ikan.

"Teknik budidaya ozon ini tingkat kematian ikan sangat kecil termasuk pakan juga sangat hemat dengan tingkat keuntungan lebih besar dari sistem biasa" sebutnya.

Daging ikannya pun lanjutnya, lebih gurih dari ikan biasa karena semua makananya organik dan tambahan sayuran seperti daun pepaya, kangkung, sawi dll.

"Dagingnya lebih gurih dan padat pastinya lenih sehat" ujarnya.

Selain membuat budidaya kelompok, dituturkan Hendra, anggota kelompok budidaya lele di kelurahan Talang Jawa juga telah membuat kolam ikan secara mandiri dirumah masing-masing.

"Jadi target kita untuk menjadikan Kelurahan Talang Jawa jadi Kampung Budidaya Lele bukan isapan jempol belaka, yang kita harapkan hal ini bisa mendapatkan dukungan dari seluruh pihak baik dari pemerintah daerah maupun instansi dan PT Semen Baturaja agar lebih serius untuk mendukung masyarakat" harapnya.

Selama ini menurutnya hampir 97 % ikan lele dipasok dari Provinsi Lampung, untuk itu pangsa pasar di OKU sangat menjanjikan untuk pasar masih terbuka besar sekali.

"Selain itu ikan ini bisa dibuat abon ikan, kripik lele, lele asap, nugget, yang bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat" tukasnya.

Pantauan dilapangan, masyarakat kelurahan Talang Jawa sangat antusias menyaksikan panen ikan lele ini, bahkan hasil panen 1 kolam ikan langsung ludes diborong oleh warga sekitar yang ingin merasakan langsung daging ikan lele segar.

"Ikan nyo besak-besak, masih segar hargonyo jugo murah, ini tadi beli 5 kilo" kata Adit salah seorang pembeli.(fei). 

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi