Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Bara Revolusioner     Tanggal : 05 Januari 2018 22:00     Dibaca: 583 Pembaca

Begini Syarat Pengesahan Stnk Tahunan di Samsat

Istimewa

Palembang, Detik Sumsel - Masih banyaknya rasa kebingungan di benak masyarakat tentang syarat dan prosedur pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di Samsat khususnya di Sumsel, Ditlantas Polda Sumsel memberikan kemudahan bagi Masyarakat yang ingin mengurus administrasi STNK tersebut. Adapun prosedur untuk pengesahan STNK adalah pertama, pemohon mendatangi pokja pengesahan STNK di Samsat terdekat baik Samsat Mall, Samling, Samsat Corner, maupun Payment Point, Petugas pendaftaran melakukan pengecekan berkas, penetapan pajak jumlah kendaraan bermotor, SWLJJ, Bea Pengesahan STNK, Wajib pajak membayar bea di Bank yang ditentukan, pencetakan surat ketetapan pajak daerah, pencetakan STNK, barulah STNK wajib pajak berlaku.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sumsel AKBP Donni Eka Syah Putra SIK melalui Kasi STNK Ditlantas Polda Sumsel Kompol Irwan Andeta Sik, mengatakan, untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan pengesahan STNK Tahunan bisa dilakukan melalui sentra sentra  Layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). " 

Secara terpisah, Kepala UPT Bapenda Prov. Sumsel  Palembang II mengatakan, semua cara terus diupayakan untuk memudahkan layanan di gerai gerai Samsat terdekat. "Selaku petugas pelayanan Pajak kenderaan bermotor di wilayah seberang ULU kota Palembang, kami berkomitmen bersama stake holder Samsat terus berdiskusi dan membuat terobosan terbaru untuk menasosialisasikan terkait pelayanan terhadap pajak," katanya (5/1/2018). 

Selain itu, lanjut Lingga, dalam pengesahan STNK Tahunan berbarengan dengan pembayaran Pajak Tahunan dan syarat nya cukup membawa KTP asli pemilik Kenderaan, STNK sesuai dengan identitas di KTP dan biaya pembayaran Pajak kenderaan bermotor PKB tahunan, Biaya pengesahan STNK dan Biaya Iuran  Wajib Dana Kecelakaan Dana Lalu Lintas Jalan (WDKLLJ). "Setelah persyaratan dirasa lengkap langsung dateng saja ke gerai pelayanan Samsat terdekat," pungkasnya.(Bra)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi