Diposting oleh : Efen Permata     Tanggal : 30 Agustus 2017 13:12     Dibaca: 285 Pembaca

Belajar Asik Demokrasi di Rumah Pintar Pemilu

Komisioner KPU RI (tengah) bersama Ketua KPU Kota Palembang (Kiri) dan Ketua KPU Sumsel (kanan) meresmikan RPP Bari

Palembang, DetikSumsel- Sehubungan dengan Program Prioritas Nasional terkait pendidikan pemilih, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia membentuk Rumah Pintar Pemilu (RPP) di 15 KPU Provinsi/KIP Aceh dan 273 KPU/KIP Kabupaten/Kota seluruh lndonesia. 

"Sumatera Selatan ditunjuk untuk membentuk Rumah Pintar Pemilu di 5 Kabupaten/Kota yakni KPU Kota Palembang, Pagar Alam, Lubuk Linggau, Prabumulih, dan KPU Empat Lawang," terang Ilham Saputra,  Komisioner KPU RI seusai meresmikan Rumah Pintar Pemilu Kota Palembang,  Rabu (30/8/2017) di Jalan Mayor Santoso Kelurahan 20 Ilir D Kecamatan IT I.

Lebih lanjut, RPP Pemilu dapat dijadikan sebagai wadah pembelajaran terutama bagai para pemilih pemula maupun untuk para kader partai politik. "Semoga dengan adanya RPP Pemilu ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih ditahun 2018 maupun 2019 nantinya," terangnya

Ketua KPU Kota Palembang, Syarifudin menerangkan,  yang menjadi dasar KPU Kota Palembang membentuk RPP Pemilu adalah Surat Ketua KPU RI tertanggal 16 Januari 2017 dengan Nomor: 54 /KPU/I  Tahun 2017 dan Surat Ketua KPU Sumatera Selatan tanggal 24 Januari 2017 Nomor 28/KPU Prov .006/I/2017 perihal pembentukan Rumah Pintar Pemilu Tahun 2017

"Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Palembang memanfaatkan gedung eks Media Centre, melalui Keputusan Walikota Palembang Nomor. 268/KPTS/BPKAD/ 2017 tentang Persetujuan atas Pinjam Pakai Barang Milik Daerah Berupa Bangunan Eks. Media Centre kepada Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang," jelasnya

Menurut Syarifudin, adapun tata ruangan Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Palembang, terdapat ruang : yang pertama Ruang Audio Visual Ruang untuk pemutaran film-film kepemiluan dan dokumentasi program kegiatan kepemiluan, Ruang Pameran (Display Alat Peraga Pemilu) Yaitu ruang untuk menampilkan bahan/alat peraga Pemilu, seperti; Papan Infomasi Dinding Papan Informasi ini berbentuk papan statis yang menampilkan bahan/alat peraga Pemilu seperti contoh surat suara, formulir formulir yang digunakan dalam Pemilu. Seperti Sejarah Pemilu, Pentingnya Pemilu dan Demokrasi, Sistem Pemilu, Tahapan Pemilu, Peserta Pemilu (Pileg dan Pilpres), Proses Pemilihan, dan Profil Penyelenggara Pemilu.

Lalu, Poster, Booklet, Leafeat, brosur, Dan Ruang Simulasi Ruang ini berisi alat-alat peraga yang dipergunakan dalam simulasi, antara lain simulasi tentang pemungutan dan penghitungan suara, penghitungan alokasi perolehan kursi, ruang diskusi. "Ruang ini dirancang untuk melakukan audiensi atau pertemuan] diskusi (workshop) Seminar FGD tentang Pemilu," katanya. 

"Dengan mengusung kecerian dalam berdemokrasi, maka KPU Kota Palembang memberi nama Rumah Pintar Pemilu dengan BARI (Belajar Asik Demokrasi)," sambungnya. 

Semantara itu, Asisten III Pemerintah Kota Palembang Agus Kelana yang mewakili Walikota Palembang mengucapakan permohonan Maaf Walikota yang tidak dapat hadir dikarenakan ada kegiatan yang tidak dapat diwakilkan

"Walikota juga berharap, semoga dengan adanya Rumah Pintar Pemilu ini dapat menjadi wadah dan tempat pembelajaran politik, sehingga melahirkan pemilih yang cerdas yang bebas dari money politik, "singkatnya. (Pen)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi