Diposting oleh : Butet Kertaradjasa     Tanggal : 04 Januari 2017 18:14     Dibaca: 354 Pembaca

Bentor Empat Lawang Miliki Komunitas

Sekretaris Persatuan Komunitas Bentor Empat Lawang Ahmad Rohan, Sedang Menunjukkan Sekretariat Persatuan Komunitas Bentor.

Empat Lawang, Detik Sumsel– Becak Motor (Bentor) atau yang sering disebut masyarakat Empat Lawang sebagai ojek gandeng, merupakan kendaraan roda dua yang dimodifikasi sedemikian rupa, dengan menambah bahan menyerupai becak disamping motor, sehinga mampu mengangkut barang ataupun orang dengan jumlah yang lebih banyak dibanding kendaraan roda dua tanpa modifikasi.
 
Meski terbilang sederhana, namun siapa sangka pemilik kendaraan Bentor di Empat Lawang ini sudah mencapai angka 1000 lebih, merupakan angka yang fantastis.
Masyarakat memanfaatkan bentor sebagai angkutan penumpang ataupun barang, dan menjadi profesi utama untuk mancari nafkah dan menyambung hidup.
 
Meskipun berjumlah 1000 lebih, namun yang terdaftar dalam Persatuan Komunitas Becak Motor Empat Lawang hanya berjumlah 475 orang saja, sementara sisanya belum tergabung dalam persatuan tersebut. Persatuan Becak Motor tersebut sudah memiliki struktur ogranisasi yang jelas, termasuk sekretariat persatuan yang berada di Talang Banyu, Tebing Tinggi.
 
Ketua Persatuan Komunitas Becak Motor Empat Lawang Sayu melalui Sekretaris Ahmad Rohan menuturkan lebih dari 1000 bentor ada di Empat Lawang. “Sebenarnya jumlah bentor di Empat Lawang ini jumlahnya ribuan, tapi bentor yang terdaftar resmi ke persatuan Bentor Empat Lawang ini lebih kurang 475," kata Rohan.
 
Dia juga menambahkan, salah satu keuntungan bergabung dengan persatuan bentor Kabupaten Empat Lawanng ini, jika ada permasalahan yang terjadi di lapangan, maka persatuan Becak Motor ini dapat membantu anggota yang sedang mengalami masalah di lapangan.
 
“Sebagai contoh jika ada anggota kena razia,bisa bantu, kita cari kesalahannya dimana apa surat-suratnya kurang lengkap, nah itu bisa kita arahakan untuk melengkapi surat-surat kendaraan, apa pajaknya belum bayar bisa kita arahkan untuk segera bayar pajak, nah setelah itu kalau ada anggota keluarga yang terkena musibah itu bisa kita bantu," jelasnya.
 
Sambungnya, jika ada anggota persatuan yang terkena musibah, persatuan juga tidak akan tinggal diam dengan melakukan penggalangan Dana. “Kalau ada anggota yang terkena musibah, kita galang dana, kita memungut sumbangan dari seluruh anggota persatuan, dengan tujuan untuk meringankan beban yang terkena musibah,” jelasnya
 
Dia juga berharap kepada seluruh pemilik  kendaraan bacak motor agar mendaftarkan dirinya ke persatuan komunitas becak motor tersebut. “Demi meningkatkan persatuan dan kekeluargaan, saya menghimbau bagi pemilik kendaraan becak motor yang belum terdaftar agar segera bergabung,” tandasnya. (cha)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi