Iklan Lucianty Pahri
Pilgub Sumsel 2018
Diposting oleh : Heru Senovlan     Tanggal : 24 Februari 2018 15:34     Dibaca: 206 Pembaca

Berdayakan Pemulung, Polisi Ini Dirikan Bank Sampah

Istimewa

Lahat, Detik Sumsel -- Katanya polisi itu ganas dan sangar, karena kerjanya selalu memburu penjahat. Buktinya di Lahat, ada polisi yang dikenal dengan keramahannya. Bahkan mengabdikan dirinya, menjadi Direktur Bank untuk masyarakat kecil di Lahat.

Bripka Dodi Pernama SH MM, namanya. Jabatan Direktur Bank itu didapatkan oleh mantan anggota Satreskrim Polres Lahat tahun 2005-2014 ini, setelah ia membuka Bank Sampah, untuk para pemulung di Kabupaten Lahat.

"Awalnya karena prihatin melihat para pemulung di TPA Lahat. Mereka hanya memungut sampah, lalu dijual ke lapak pengepul. Belum ada pemilahan sampah mana yang bernilai ekonomis tinggi," ujarnya, Sabtu (24/2).

Berbedanya dengan Bank konvensional lainnya. Cara menabung Bank Sampah yang dikelolanya, hanya menggunakan sampah. Akhirnya, setelah bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Lahat, dan Polres Lahat. Bank Sampah DP Patner ditahun 2011 lalu, mulai diakui dan mendapatkan SK.

"Saat ini hanya menampung sampah non organik. Dengan patokan harga, untuk sampah kaleng dihargai Rp 500 perkilo, sampah plastik Rp 1200 perkilo," kata mantan anggota Sat Intelkam Polres Lahat tahun 2014-2017 ini.

Dengan kerja kerasnya, polisi bertugas di Polsek Mulak Ulu, Polres Lahat ini bahkan bisa memberikan edukasi pada pemulung, tentang pentingnya memiliki tabungan. Kedepan bahkan berencana membuat tabungan umroh dan haji, untuk para pemulung.

"Disini kita mengajarkan mereka untuk menabung. Kalau ada kurang pembayaran Rp 500, atau Rp 1000, tidak hangus. Melainkan langsung masuk dalam bentuk tabungan," tutur Dodi. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi