Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Feriandi     Tanggal : 17 Mei 2018 18:37     Dibaca: 217 Pembaca

Berhasil Terapkan Sistem Ozon, Kelurahan Talang Jawa jadi Sentra Budidaya Lele

Penyortiran ikan lele di Kelurahan Talang Jawa

Baturaja, Detik Sumsel -- Bisnis budidaya ikan lele dengan sistem ozonisasi yang mulai dikembangkan oleh Lembaga Lingkungan Hidup (LLH) Jejak Indinesia Kab. OKU di Kelurahan Talang Jawa Kecamatan Baturaja Barat cukup menjajikan, hal ini terbukti efektif baru tiga minggu benih ikan sudah berkembang dengan pesat menjadi ukuran 12 - 13 cm. 

"Disamping itu dengan sistem ini kolam pun tidak berbau, hemat pakan" kata Hendra Setiawan selaku promotor budidaya Lele sistem ozon sekaligus pendiri Jejak OKU, Kamis (17/5).

Dengan hasil budidaya yang pesat ini, LLH jejak semakin semangat untuk menjadi Kelurahan Talang Jawa sebagai sentra budidaya lele sistem ozon, bahkan LLH jejak bersama pencetus ide budidaya lele sistem ozon Ir Cholil telah menambah jumlah kolam ikan yang awalnya hanya dua kolam saat ini sudah menjadi enam kolam.

"Awalnya 2 kolam 1 kolam bantuan dari PT Semen Baturaja dan satu kolam dari LLH Jejak, nah saat ini kita tambah 4 kolam 2 dari LLH Jejak dan 2 lagi ditambah dari pak Cholil penemu sistem ozon, jadi total 6 kolam" tutur Hendra.

Menurut Hendra, dengan ukuran yang berkembang pesat perlu dilakukan penyortiran Ikan, untuk memisahkan antara ikan yang kecil dan yang sudah besar, sebab dijelaskannya Ikan lele ini merupakan ikan kanibal maka perlu dipisahkan.

"Warga yang terlibat langsung dalam budidaya ini, begitu semangat dalam penyortiran ikan" tuturnya.

Disebutkan Hendra, Asumsi ikan lele ini bisa panen dengan waktu 2 bulan sampai 2.5 bulan, kalau kita punya 6 kolam maka setiap dua minggu kita bisa panen ikan.

"Nah kalau kita punya 12 kolam berarti setiap minggu akan panen ikan, perkolam itu hitungannya 3 sampai 4 kwintal artinya kalau harga ikan lele itu Rp. 17 ribu, keuntungan perkolam setelah dipotong pakan bersih bisa 3 - 4 juta, kalau 12 kolam setiap minggu panen keuntungan bisa 12 juta cukup bagus" jelasnya.

Hendra mengatakan, LLH Jejak Indonesia yakin bahwa satu bulan lagi pihaknya akan lakukan panen ikan yang diperkirakan setelah hari raya Idul Fitri, menurutnya itu merupakan waktu yang sangat tepat karena harga ikan biasanya akan naik.

"Selain panen kita akan melakukan lelang ikan dengan para mitra kita agar kolam disini terus bertambah dan masyarakat Kelurahan Talang Jawa semangkin bersemangat".Ujarnya

Disamping itu Hendra mengatakan hal yang sangat penting dengan adanya sentra budidaya lele ini adalah masyarakat bisa belajar dan melihat langsung bagaimana budidaya ikan lele ini menguntungkan serta masyarakat bisa menirunya.

"Bagi kami itu sudah cukup baik. Lahan tempat budidaya lele ini selain tempat pembelajaran ini juga menjadi hiburan tersendiri bagi warga sekitar". Tandasnya. (fei).


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi