Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : AMS     Tanggal : 11 Januari 2018 13:20     Dibaca: 390 Pembaca

Berkas Pendaftaran Ditolak KPU, Cha-Imin Sebut Kecelakaan Hukum

Chairilsyah-Muallimin (Cha-Imin) saat menumpulkan dukungan

Palembang, DetikSumsel- Bakal calon perseorangan Pilkada Palembang, Chairilsyah-Muallimin (Cha-Imin) menganggap tindakkan KPU menolak berkas pendaftaran mereka sebagai kecelakaan hukum. Sebab, saat pendaftaran ia melihat seperti ada konsfirasi antara KPU dan Panwaslu. “Ini menjadi temuan kami dan kami akan adukan ke Bawaslu Sumsel,” kata Muallimin, bakal calon wakil walikota Palembang saat dikonfirmasi, Kamis (11/1).

Ia menceritakan, berkas pendaftaran miliknya sebenarnya sudah lengkap sesuai dengan aturan setelah dilakukan perbaikan. Tapi saat mendaftar terjadi dialog atau rembug antara KPU dan Panwaslu sebelum memutuskan penolakan.  “Ini juga menjadi temuan tambahan kami untuk DKPP karena berkas sudah kami masukkan ke DKPP di Jakarta,” tegasnya.

Diketahui, alasan KPU menolak berkas pendaftaran karena tidak lengkap, selain itu KPU juga telah menunggu hingga batas waktu akhir pendaftaran hingga pukul 00.00. “Iya ditolak, ada beberapa dokumen persyaratan tidak lengkap, kita kembalikan buat perbaikan dan kita tunggu hingga batas waktu akhir,” kata Komisoner KPU Palembang, Divisi Teknis, Firamon Syakti kepada wartawan, Kamis pagi (11/1).

Dikatakan, dengan demikian hanya empat pasangan calon walikota dan wakil walikota yang berhak mengikuti proses selanjutnya. Yakni, incumbent Harnojoyo-Fitrianti, Sarimuda-Rozak, Akbar Alfaro-Hernoe dan Mularis Djahri-Syaidina Ali. “Hari ini psikotes dan narkoba, besok tes kesehatan oleh lembaga yang ditunjuk, KPU Palembang hanya mendampingi,” ungkapnya.

Sementara itu, Pimpinan Panwaslu Palembang, Divisi Pencegahan dan Antar Lembaga Dadang Apriyanto membenarkan jika terjadi penolakan pendaftaran. Ia melihat dan mengetahui proses tersebut tapi sebagai Panwaslu siap menerim laporan. “Kita tidak bisa intervensi, kalau merasa ada pelanggaran laporkan, kami pun melihat jika ada pelanggaran menjadi temuan,” pungkasnya. (Dul)


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi