Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Maya     Tanggal : 25 Juni 2018 17:58     Dibaca: 71 Pembaca

BI Siapkan Strategi Penguatan Rupiah

Detik Sumsel/Tohir - Suasana layanan mobile Bank Indonesia (BI).

Palembang, Detik Sumsel - Bank Indonesia (BI) tetap berkomitmen untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dalam jangka pendek. Hal ini dilakukan karena kembali melemahnya nilai tukar rupiah sejak pembukaan perdangan setelah libur lebaran.

Deputi Direktur BI Kantor Perwakilan Sumsel, Hari Widodo mengatakan, BI akan mengambil langkah preventif guna mengantisipasi dampak penguatan dolar AS terhadap rupiah.

"Salah satu langkah yang akan dilakukan dengan membuka kembali peluang kenaikan suku bunga acuan (BI Repo Rate), ataupun merelaksasikan rasio kredit terhadap agunan Loan to Value, dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan investor khususnya asing terhadap instrumen investasi di Indonesia," jelasnya, Senin (25/06).

Dengan pola ini, ia yakin langkah kebijakan moneter ini akan memberikan pengaruh terhadap penguatan rupiah, dan akan membuat aset di pasar keuangan Indonesia menarik bagi investor luar negeri untuk berinvestasi.

"Kita optimis investor akan tetap masuk di Indonesia, khususnya surat berharga negara (SBN), sebab pelemahan rupiah sejak awal tahun hanya 2,3 persen. Pelemahan ini masih bisa ditoleransi bila dibandingkan dengan kondisi sebelumnya," katanya.

Saat ini yang perlu dilakukan memastikan instrumen investasi Indonesia masih tetap menarik di mata investor. Maka langkah preventif lain pihaknya berupaya untuk meningkatkan suku bunga acuan, yang akan membuat pasar keuangan Indonesia semakin menarik bagi investor.

BI juga berencana merelaksasikan kebijakan LTV di sektor perumahan. Hal ini bertujuan untuk mendorong permintaan kredit di sektor ini meningkat, dalam jangka menengah dan panjang. Karena dengan membaiknya kredit sektor perumahan, akan berimbas dengan banyaknya investor yang akan berinvestasi di sektor ini. (May)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi