Diposting oleh : Firwanto M Isa     Tanggal : 10 Agustus 2017 19:39     Dibaca: 618 Pembaca

Bingko, Makanan Khas Pedamaran, Digemari Wong Palembang

Gebul Netty, seorang pembuat dan pedagang bingko di Kota Palembang.

Palembang, Detik Sumsel - Pedamaran, sebuah kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Penduduknya merupakan suku Penesak dan Bermarga Danau. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Penesakjugal dijuluki “Kota Tikar”, karena mata pencarian sebagian besar warga yang tinggal di sana, yakni menganyam tikar.

Kalau soal makanan memang daerah pedamaran terkenal dengan bekasam ikan dan pempek ikan parau. Tapi yang tak kalah menarik adalah bingko atau gunjing yang banyak ditemui di Pedamaran.

Di Palembang, bingko atau gunjing sering ditemui di perkampungan daerah Seberang Ulu. Namun, daerah Seberang Ilir ada juga yang menjajakan bingko ini. Tepatnya di Jalan Way Hitam lorong Family I Kelurahan Siring Agung Kecamatan Ilir Barat I Palembang. Adalah Gebul Netti yang masih berjualan bingko hingga saat ini.

“Yo tiap hari kito jual gunjing (bingko) ini di sinilah. Alhamdulillah sejak sejak dulu banyak yang gemar gunjing ini,” ungkap Gebul Netty sambil menuangkan adonan bingko.

Dikatakan Gibul, cara membuat bingko relatif ini mudah. Untuk bahan hanya membutuhkan tepung beras ketan, santan kelapa, sedikit garam, dan minyak goreng.

"Bahan dicampur jadi satu, kemudian kito masak di semacam plat tembaga berbentuk setengah lingkaran,” jelasnya.

Dalam sehari, ia bisa menghabiskan satu kilogram tepung beras ketan untuk jualan bingko. Walaupun hasilnya tidak begitu banyak, namun ia mengaku senang bisa jualan bingko ini.

"Paling dak wong tahu bukan bekasam be yang terkenal dari Pedamaran. Tapi ado sikok lagi yang terkenal, itulah bingko," ucap dengan khas logat Pedamaran. (fir)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi