Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Fazds     Tanggal : 25 Juni 2018 21:50     Dibaca: 132 Pembaca

Boleh Berjualan, Tapi ada 8 Syarat yang Dipatuhi

Kasat Pol PP Damkar Banyuasin, Drs Anthony Liando Msi saat berkomunikasi dengan PKL

Pangkalan Balai, Detik Sumsel - Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Banyuasin memberikan sejumlah persyaratan yang harus dipatuhi Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di sepanjang Km 12 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Salah satunya gerobak yang dipakai tempat berjualan harus pakai roda dan akan dibuatkan seragam.

Kasat Pol PP Damkar Banyuasin, Drs Anthony Liando Msi didampingi Sekretaris M Azmi  mengatakan,  Pemerintah Banyuasin tidak akan lagi menertibkan PKL di gerbang Km 12. Karena setelah PKL sepakat untuk mentaati aturan yang ditetapkan pemerintah.

“ Upaya penertiban yang dilakukan berkali-kali tidak berhasil. Usai ditertibkan PKL kembali berjualan. Makanya kita sudah bersepakat dengan PKL silakan mereka berdagang, tapi harus ingat dengan isi kesepakatan,” jelas Anthony, Senin (25/6).

Aturan yang wajib ditaati pedagang kata Anthony, ada delapan poin yang sudah disepakati. Pertama, jam tutup/istirahat berjualan mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Kemudian, lemari es hanya satu unit menggunakan roda, payung hanya satu tidak ada tambahan. Ukuran gerobag 2x1,5 meter menggunakan roda.

“Waktu yang ditentukan untuk keseragaman semua PKL pada 2 Juli, gerobag warna orange. Juga mereka harus berpartisipasi ikut serta kegiatan gotong royong. Dan jumlah pedagang yang datanya sudah fix 27 PKL ini tidak boleh bertambah. Untuk gerobag ini akan diberikan kepada pedagang, atas bantuan PT Sosro,” terang mantan.sekretaris Dishub Banyuasin ini.

Terkait telah melunaknya aturan pemerintah yang telah mengizinkan PKL berdagang di Km 12 itu, Valen Sihotang, salah seorang PKL menyambut gembira. Mengingat selama ini mereka harus mengais rejeki secara kucing-kucingan dengan petugas.

“Ya namanya kami mencari uang pak. Kesal juga kalau harus kucing-kucingan dengan pemerintah. Mencari uang selalu was-was ditertibkan. Tapi syukurnya sekarang kami bisa tenang berdagang. Apalagi akan diberikan gerobag baru,” kata Sihotang yang sudah tiga tahun berdagang di lokasi itu.(Faz)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi