Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Heru Senovlan     Tanggal : 04 Juli 2018 12:53     Dibaca: 168 Pembaca

Bunga Bangkai Tumbuh di Lahat

Istimewa

Lahat, Detik Sumsel -- Tumbuhnya bunga bangkai (rafflesia arnoldi) dengan tinggi sekitar dua meter, persis diperkebunan kopi di Dusun 3 Siring Panjang, Desa Muara Jauh, Kecamatan Muara Payang, Lahat. Sontak membuat warga sekitar penasaran.

Pasalnya ini kali pertama bunga keghubut (sebutan warga), tumbuh diwilayah itu. Bunga yang tumbuh setinggi tubuh orang dewasa ini, pertama kali ditemukan oleh Irlan (45) warga setempat di kebun kopi miliknya.

Informasi dengan cepat tersebar dari mulut ke mulut. Warga yang penasaran langsung berbondong-bondong ingin menyaksikan secara langsung.

"Baru pertama kali tumbuh disini. Ini kejadian langkah, apalagi bunganya sedang mekar," ujar Liyarni (27), warga setempat, yang langsung mengabadikan momen itu dengan berselfy, Rabu (4/7).

Kendati bunga sudah mengeluarkan aroma kurang sedap, sejak mekar pada Senin (2/7) lalu. Rupanya tak menghalangi rasa penasaran warga mengabadikan momen langka itu. Guna menjaga jangan sampai dirusaknya satu-satunya bunga bangkai ini, warga hanya diperbolehkan untuk berfoto tanpa menyentuhnya.

"Jika dikebun atau perkarangan masih ditumbuhi bunga bangkai, tandanya tanah di tempat itu masih subur, belum terkontaminasi oleh zat-zat kimia," tutur Shairin (65) pemuka masyarakat desa setempat. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi