Detik Sumsel Goes to Campus
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : AMS     Tanggal : 10 Desember 2016 14:25     Dibaca: 987 Pembaca

Bupati OKI Terima Penghargaan Pembina Karang Taruna Terbaik Tingkat Nasional

Bupati OKI H Iskandar, SE dinobatkan sebagai pembina karang taruna terbaik di Indonesia melalui program taruna tani.

Kayuagung, Detik Sumsel- Bupati OKI H Iskandar, SE menerima penghargaan sebagai pembina Karang Taruna terbaik tingkat nasional 2016. Penghargaan diserahkan langsung Direktur Jenderal (Dirjen) Pemberdayaan Sosial Republik Indonesia (RI), Hartono Laras dan Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna pada peringatan Hari Bulan Bhakti Karang Taruna tingkat Nasional di Hotel Horison Ultima, Jum'at, (10/12).

Ketua Karang Taruna OKI, Maulidini SKM mengakui penghargaan tersebut dilihat dari sejumlah indikator. Seperti perhatian serius Iskandar terhadap pembinaan Karang Taruna di Kabupaten OKI, khususnya di bidang pertanian.

Deni, sapaan akrabnya ini melanjutkan pembinaan kelompok taruna tani di Desa Surya Adi, Kecamatan Mesuji, OKI menjadi satu-satunya di Indonesia sehingga menghantarkan Bupati OKI layak menerima penghargaan Adhitya Karya Mahatva Yodha 2016. 

"Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah memberi kepercayaan kepada karang taruna OKI khususnya dalam mendukung program pertanian," kata Deni, Sabtu (10/12).

Dia menuturkan bahwa kelompok Taruna Tani Desa Surya Adi, Kecamatan Mesuji mendapat kepercayaan pemerintah daerah untuk mengelola peternakan sapi. Dari bibit bantuan pemerintah  pada tahun 2014, saat ini hewan ternak tersebut sudah berkembang biak dan memberikan keuntungan hingga Rp15 juta per ekornya. Tidak hanya itu, para taruna tani ini juga telah mampu mengolah kotoran ternak menjadi suatu yang menghasilkan bagi warga setempat, serta mampu mengolah limbah sawit menjadi pakan ternak.

Selain taruna tani, lanjut Deni, karang taruna OKI saat ini juga dilibatkan pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial, dan berbagai kegiatan lain. Upaya tersebut jelas sangat membangkitkan kembali peran karang taruna ditengah masyarakat. 

"Sebagai anggota karang taruna, kami memang harus siap diterjunkan di mana saja, di bidang apa saja, demi menyelesaikan masalah-masalah sosial," ujarnya.

Sementara itu, Bupati OKI H Iskandar, SE menambahkan pihaknya menyambut positif atas penghargaan yang diberikan itu. Iskandar menyatakan kalau pembinaan Karang Taruna di OKI semata-mata ditujukan agar ke depan bisa menjadikan organisasi pemuda ini menjadi mitra pemerintah dalam mensukseskan program pemerintah.

“Kami upayakan agar Karang Taruna dapat mandiri, dan harus bisa mandiri menghidupi organisasi sendiri dan membantu pemerintah,” tegas Iskandar.(Iyan/Pen/Wira)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi