Diposting oleh : Butet Kertaradjasa     Tanggal : 17 April 2017 14:22     Dibaca: 364 Pembaca

Calo Kelulusan SNMPTN Mulai 'Gentayangan'

Ketua Panitia SNMPTN, Prof Dr Zulkifli Dahlan MSi DEA

Palembang, Detik Sumsel- Jelang pengumuman kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 26 April mendatang peserta SNMPTN mulai dihantui calo yang menawarkan jasa kelulusan SNMPTN. Tindakan calo tersebut dilakukan melalui pesan singkat SMS dan ada juga yang menelpon langsung peserta SNMPTN.

Ketua Panitia SNMPTN, Prof Dr Zulkifli Dahlan MSi DEA menghimbau supaya orang tua dan peserta SNMPTN tidak mempercayai adanya calo yang menawarkan kelulusan SNMPTN. "Peserta jangan percaya, karena itu murni penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab," ungkapnya, Senin (17/4).

Zulkifli mengaku, penipuan yang dilakukan calo tersebut bahkan sudah masuk ke lingkungan Unsri. "Ya, saya juga mendapat laporan dari dosen di Unsri kalau dirinya di telepon oleh seseorang yang mengklaim bisa meluluskan anaknya yang ikut serta pelaksanaan SNMPTN," bebernya.

Lanjutnya, pengumuman SNMPTN baru akan dirapatkan melalui rapat seluruh rektor perguruan tinggi negeri pada 24-25 April mendatang di Jakarta. "Jadi, mana mungkin kelulusan bisa diketahui sekarang, rapat rektor saja baru dilaksanakan 2 hari sebelum pengumuman SNMPTN yang dilakukan panitia pusat SNMPTN," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Prof Dr Zainuddin Nawawi PhD mengingatkan kepada seluruh peserta SNMPTN untuk mudah menerima rayuan calo yang mengklaim bisa menawarkan kelulusan SNMPTN. "Kalau ada calo yang menawarkan kelulusan segera laporkan ke panitia lokal SNMPTN supaya bisa ditindaklanjuti," katanya.

Ia menambahkan, peserta SNMPTN sebaiknya menunggu pengumuman resmi kelulusan SNMPTN pada 26 April nanti yang akan diumumkan secara resmi di website www.snmptn.ac.id."Intinya jangan percaya adanya tawaran yang bisa meluluskan SNMPTN, semua keputusan ada pada panitia pusat," tukasnya.(tet)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi