Iklan Lucianty Pahri
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Erizal Wandi     Tanggal : 07 November 2017 21:01     Dibaca: 441 Pembaca

Cari Penghasilan Tambahan, Ipan Nekad Curi Kabel Pertamina

Pelaku Ipan Chandra saat diamankan anggota Satreskrim Polsek Prabumulih Timur

Prabumulih, Detiksumsel - Berdalih terdesak kebutuhan ekonomi, Ipan Candra (35), nekat mencuri kabel milik Pertamina. Akibatnya perbuatanya, dia harus mendekam dalam tahanan Polsek Prabumulih Timur.

Warga Jalan Patra  RT 02 RW 03, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Prabumulih Selatan, Kota Prabumulih ini diringkus Senin (06/11) sekitar pukul 11.00 WIB saat berada di Jalan Basuki Rahmat dekat kediamannya.

Dari tangan pelaku, Polisi mengamankan barang bukti berupa kabel jenis PVC ukuran 20P X 1,5 mm warna hitam sepanjang 25 meter.

Informasi yang dihimpun Detik Sumsel.com, diringkusnya pelaku bermula dari laporan PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih, ke Polsek Prabumulih Timur. 

Dalam laporannya, PT Pertamina mengungkapkan telah terjadi pencurian kabel untuk keperluan produksi migas di wilayah Yard Km 1 Rak Pipa Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Prabumulih Selatan pada 23 Agustus 2017 lalu.

Setelah dilakukan penyelidikan, akhirnya diperoleh petunjuk yang mengarah pada keterlibatan tersangka Ipan dan berhasil mengendus keberadaan pelaku, yang tengah berada di wilayah Jalan Basuki Rahmat.

"Kita langsung bergerak dan berhasil menangkap pelaku. Selanjutnya kita melakukan pengembangan untuk mencari keberadaan barang bukti. Saat ini pelaku sudah kita tahan, guna dilakukan penyidikan oleh penyidik," ujar Kapolres Prabumulih AKBP Andes Purwanti SE melalui Kapolsek Prabumulih Timur AKP Nando SH, Selasa (07/11).

Lebih lanjut dijelaskan Nando, atas perbuatannya pelaku dijerat pasal 365 tentang pencurian dengan kekerasan dan di ancaman hukuman 9 tahun penjara.

"Kita masih kembangkan kasusnya, karena dalam menjalankan aksinya pelaku tidak sendirian. Saat ini kita masih melakukan pengejaran terhadap pelaku lainnya," ungkapnya.

Sementara itu pelaku Ipan berdalih, aksi pencurian itu terpaksa dilakukannya karena ingin mencari penghasilan tambahan.

"Kabel itu rencananya akan saya jual dan uanganya untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Karena saya tidak punya pekerjaan tetap," akunya. (Ichal)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi