Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Bara Revolusioner     Tanggal : 02 Agustus 2018 18:52     Dibaca: 219 Pembaca

Cegah Campak dan Rubella, Kemenkes Gencarkan Imunisasi

Saat pemaparan kampanye imunisasi pencegahan MR di Meeting Room Hotel Amaris Palembang, Kamis (02/08).

Palembang, Detik Sumsel - Untuk pencegahan terhadap penyebaran penyakit Campak dan Rubella, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan UNICEF giat melakukan sosialisasi kampanye Imunisasi Measles dan Rubella (MR). Kampanye tersebut dilakukan untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap penularan penyakit Campak dan Rubella yang bisa menyebabkan kecacatan hingga kematian.

Seperti diketahui, penyebab Campak disebabkan karena virus yang menyerang segala kalangan, orang yang tidak punya kekebalan tubuh. Menular melalui percikan lidah, batuk, maupun bersin dari anak yang campak.

Sedangkan Rubella biasanya tidak disadari, yang bahaya kalau menyerang ibu hamil bisa menyebabkan abortus, bayi lahir mati, dan bayi lahir cacat seumur hidup.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Rismarini SpA(K), Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Mohammad Hoesin Palembang. Dikatakannya, untuk mendapat kekebalan tubuh agar terhindar dari Campak dan Rubella, anak-anak haruslah mendapat imunisasi.

"Saat ini belum ada obat untuk virus Campak. Tapi sudah ada vaksin Campak dan Rubella digunakan untuk pencegahan," katanya dalam acara kampanye Imunisasi MR di Hotel Amaris Palembang, Kamis (2/8).

Ditambahkannya, gejala yang ditimbulkan bila anak demam, timbul bercak kemerahan, batuk pilek, konjungtivitas, timbul ruam pada muka leher kemudian menyebar ke tubuh serta kaki. Komplikasi sakit berat, gizi buruk, infeksi paru, radang otak, hingga kematian.

"Ditemukan kasus Rubella tahun 2016 ada sebanyak 8516, tahun 2017 ada 6318, dan 2018 ada 740 kasus dari rumah sakit di Indonesia. Untuk itu, kita targetkan  imunisasi ini kita sasar anak di bawah 15 tahun target 95 persen dari 2,2 juta anak di Sumsel, dan untuk Palembang 400 ribu anak," tambahnya.

Sementara itu, Tommy Wicaksono perwakilan UNICEF mengatakan, untuk mendukung dan mensukseskan kampanye tersebut Unicef ikut serta mendampingi sebagai advokasi kampanye imunisasi MR tersebut.

"Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan ini dengan membawa anak usia 9 bulan sampai dengan usia 15 tahun untuk datang ke sekolah, puskesmas, polindes, dan berbagai fasilitas kesehatan untuk Imunisasi MR, agar anak kita terhindar dari virus dari Campak dan Rubella ini," pungkasnya. (Bra)


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi