Diposting oleh : Wirangga     Tanggal : 09 September 2017 09:58     Dibaca: 398 Pembaca

Cerita Dua Sahabat yang Merintis TK-TPA Gratis

Kopral Tri (Kiri) Bersama Rahmad (Kanan)

Palembang, Detik Sumsel- Sebuah istilah tentang "Teman Seperjuangan" sering terdengar di telinga. Kali ini, istilah teman seperjuangan tersebut merupakan hal yang pantas di tuturkan kepada salah seorang Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU), Kopral Tri Suharyono (38) yang bertugas di Pangkalan TNI AU Sri Mulyono Herlambang bersama seorang Guru di SMP Muhammadiyah 5  Kertapati Palembang, Rahmad S.Pd (38).

Persahabatan Kopral Tri dengan Rahmad ini telah terjalin sejak lama. Namun, selain persahabatan tersebut, ada juga perjuangan sosial yang dilakukan mereka, yaitu menghidupkan Taman Kanak-Kanak-Taman Pendidikan Alquran (TK-TPA) Gratis di Masjid Miftahul Jannah, Jalan Kiris RT 06 RW 13, Kelurahan Talang Betutu, Kecamatan Sukarami, Palembang bagi para anak-anak di lingkungan tempat tinggal mereka. 

Kopral Tri yang merupakan ayah dari 2 orang anak tersebut menjelaskan, setelah satu tahun berjalan hingga saat ini, jumlah anak-anak yang ikut dalam TPA gratis tersebut telah berjumlah 89 siswa yang dibagi menjadi dua kelas belajar yaitu sebagian pagi dan sebagian sore. Para anak-anak tersebut  diajari oleh 7 ustadzah yang salah satunya merupakan istri dari Kopral Tri yaitu Ari Widayanti (36). "Kita disini hanya ingin menghidupkan suasana Masjid Miftahul Jannah, karena selama ini Masjid Miftahul Jannah sepi dari para anak-anak, apalagi untuk mendengarkan mereka mengaji," jelasnya, Jumat (8/9) sore.

Secara pribadi, Kopral Tri mengungkapkan bahwa dirinya hanya ingin menjadi manusia yang bermanfaat, seperti motto hidup yang di ucapkannya kepada wartawan Detiksumsel.com. "Hidup Ini Bukan Tentang Apa Atau Siapa Kita, Tetapi Tentang Seberapa Banyak Manfaat Kita Terhadap Orang Lain" ungkapnya.

Sementara hal sama juga diungkapkan oleh seorang Guru SMP Muhammadiyah 5  Kertapati Palembang, Rahmad, dirinya bersama Kopral Tri memang telah lama bersahabat. Selain bersahabat, merekapun memiliki suatu keinginan yang sama, yaitu ingin menghidupkan suasana Masjid Miftahul Jannah dengan sekumpulan anak-anak agar dapat belajar mengaji tanpa memikirkan biaya yang harus mereka keluarkan.

"Disini kita memang berkeinginan yang sama untuk menghidupkan suasana Masjid, namun dibalik itu kita juga inginkan anak-anak tersebut dapat belajar mengaji secara gratis, karena memang perekonomian warga sekitar kita ini rata-rata menengah kebawah semua," ungkapnya.

Rahmad yang juga ayah dari dua orang anak ini juga mengatakan bahwa, dirinya bersama Kopral Tri melakukan semuanya ini secara ikhlas. "Memang sebenarnya ibu-ibu guru pengajar mengaji (Ustadzah) tersebut tidak meminta bayaran, namun saya dan Kopral Tri inisiatif sebagai penggantinya kami berikan sembako kepada mereka walaupun dengan menggunakan sebagian gaji  kami, tapi itu memang kami ikhlas," ujarnya.

Selain itu, diketahui bahwa Rahmad juga merupakan pengelolah  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rahma Sari yang juga beralamat di Jalan Kiris RT 06 RW 13 Kelurahan Talang Betutu Kecamatan Sukarami, Palembang.

Dirinya juga sebelum nya telah banyak membantu anak yang putus sekolah dengan mengadakan proses belajar mengajar siswa SD, SMP hingga SMA. "Iya, memang saya pengelolah PKBM Rahma Sari, proses belajar megajar tersebut saya lakukan agar para siswa-siswi yang putus sekolah kedepannya dapat diarahkan untuk mengikuti ujian paket, sehingga mereka dapat meneruskan cita-citanya. Dan itupun kita gratiskan," pungkasnya. (Wira)


Warning: mysqli_num_rows() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in /home/taobvxhb/public_html/artikel/post.php on line 63
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi
 
 


Warning: mysqli_num_rows() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in /home/taobvxhb/public_html/index.php on line 376