Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Rendi     Tanggal : 09 Mei 2018 21:48     Dibaca: 204 Pembaca

Ciptakan Bebas Kawasan Kumuh, Ini yang Dikerjakan Pemkot

Jalanya sosialisasi Sanimas IDB yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Villa Gunung Gare.

Pagaralam, Detik Sumsel - Pemerintah pusat bersama Pemerintah Kota Pagaralam bakal  melaksanakan kegiatan pembangunan sarana Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas-IDB). Program tersebut bertujuan untuk mencapai target universal pada tahun 2019, yaitu 100 % layanan terhadap akses air minum, 0 % bebas kawasan kumuh dan 100 % layanan terhadap akses sanitasi layak.

Pjs Kepala DPKPP Kota Pagaralam, A Parliansyah ST MM, mengungkapkan, bahwa saat ini untuk sistem sanitasi sudah berjalan baik, tetapi masih dibutuhkan pembangunan IPAL dan safetictank komunal. 

"Untuk saveti tank‚Äč komunal sudah kita bangun dibeberapa lokasi di tahun lalu, yang berlokasi di pemukiman padat," jelasnya, didampingi Kabid Kawasan Pemukiman, David Kenedi saat sosialisasi Sanimas IDB, yang diikuti oleh seluruh Asisten, Camat dan Lurah se Kota Pagaralam, dengan pemateri  CP MU Ditjen Cipta karya Kementrian PUPR dan RPMC Region 3 Sumsel 

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kota Pagaralam, H. Safrudin mengatakan sosialisasi sanitasi ini, pemkot Pagaralam sangat menyambut baik program pembangunan sanitasi. "Diharapkan ke depan, infrastruktur sanitasi akan lebih baik lagi," katanya

Pasalnya, dengan program seperti ini sangat membantu Pemkot Pagaralam dalam mewujudkan pembangunan terutama kawasan kumuh dan padat penduduk. Bahkan  Pembangunan sanitasi berkelanjutan. “Sulit untuk rampung jika mengandalkan APBD Pagaralam, sebab anggaran paling kecil dibandingkan dengan kabupaten dan kota di Sumsel. Belum lagi defisit melanda keuangan daerah," katanya.

Sementara, Himiar Sugiri , CPMU Sanimas IDB, Ditjen Cipta Karya, Kementrian PU PR, menyampaikan, bahwa pembangunan sanitasi tidak hanya IDB juga ada dana DAK, APBD, dan lainnya.

"Salah Satu pembangunan sanitas, Ipal salahsatunya safety tank komunal. Di Pagaralam direncanakan akan dibangun pembangunan sanitasi terdapat di 30 lokasi. Untuk implementasinya perlu adanya peran serta masyarakat, kerjasama stakeholder," jelasnya. (rendi)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi