Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 04 Oktober 2017 19:18     Dibaca: 209 Pembaca

Curi Mobil, Firman Dihadiahi Pelor

Kapolres Pagar Alam saat menunjukkan alat bukti

PAGARALAM, Detik Sumsel– Usai sudah sepak terjang aksi kejahatan yang dilakukan Firman, warga  Tegur Wangi Baru, Kecamatan Dempo Utara. Tersangka pencurian mobil ini akhirnya berhasil diringkus jajaran Satreskrim Polres Pagaralam pada Rabu lalu (27/9) sekitar pukul 03.00 Wib, di kawasan Nendagung.

Kapolres Pagaralam, AKBP Dwi Hartono didampingi Kasat Reskrim Deli Haris mengatakan, tersangka merupakan pelaku pencurian dua unit di dua lokasi berbeda. Yaitu, pada 1 Februari 2017 berlokasi di halaman Pemkot Pagaralam, mobil dinas Toyoto Kijang Nopol BG 39 BZ dicurinya dengan cara mencongkel kaca pintu. TKP lainnya di kawasan Simpang Asam, Kecamatan Pagaralam Selatan korbannya bernama Neng Atiyah, pada 3 Juli lalu sekitar pukul 02.00 WIB tersangka menggasak satu unit mobil Mitsubishi L300 dalam keadaan tak terkunci.

“Dari pengakuan tersangka, dalam aksi kejahatannya beraksi seorang diri. Dia (Firman, red) kita ringkus dengan cara dipancing untuk melakukan penebusan mobil L300 seharga Rp.12 juta. Saat itulah, tersangka yang sudah diketahui keberadaannya langsung kita ringkus di kawasan Nendagung. Karena hendak berusaha kabur dan melawan kita lumpuhkan dengan timah panas di paha kanannya,” ungkap kapolres saat press realease di Mapolres Pagaralam, Rabu (4/10).

Dia menyebutkan, dengan keahliannya tersangka yang pernah bekerja sebagai sopir di salahsatu instansi di lingkungan Pemkot Pagaralam, tak sulit membawa kabur mobil incarannya. “Modusnya, mobil yang diincar dalam keadaan terkunci dihidupkan dengan cara memutuskan kabel untuk menghidupkan  mobil lalu kabur,” ujarnya.

Selain meringkus tersangka Firman juga mengamankan pelaku 480 (Penadah, red), ujar Kapolres. Mereka ada empat orang berinisial, J, R, D dan C. “Penadah terakhir yang kita amankan J merupakan warga Lahat yang kita ringkus Kamis tanggal 28 September,” ujar Kapolres seraya mengatakan, mobil curian ini sempat berpindah tangan dari para penadah yang dijual Rp 7 juta.

Lanjut Kapolres, kasus pencurian mobil ini masih terus dikembangkan oleh Satreskrim terkait sejumlah LP pencurian kendaraan bermotor khususnya mobil di wilayah hukum Polres Pagaralam. “Dari keterangan tersangka Firman kasusnya akan kita kembangkan lagi terkait kasus curannmor lainya yang belum terungkap,” ungkapnya seraya mengatakan, anggota juga  mengamnkan sejumlah barang bukti lainnya, seperti satu buah BBKB, dua buah STNK. (gud)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi