Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Maya     Tanggal : 07 Juni 2018 09:17     Dibaca: 99 Pembaca

Daging Ayam Picu Inflasi 0,15 Persen di Palembang

Detik Sumsel/Tohir - Suasana penjualan ayam di pasar tradisional di Kota Palembang.

Palembang, Detik Sumsel - Kenaikan harga daging ayam yang terjadi sepanjang bulan lalu berdampak terhadap pembentukan inflasi di Kota Palembang pada Mei 2018 menjadi 0,15 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Yos Rusdiansyah di Palembang, mengatakan daging ayam menjadi komoditas penyumbang inflasi tertinggi dibanding komoditas lainnya.

"Kenaikan terjadi sebesar 14,18 persen pada harga daging ayam. Perubahan harga itu memberi andil sebesar 0,16 persen untuk inflasi," katanya.

Ia menambahkan selain daging ayam, komoditas telur ayam ras, jeruk, dan rokok kretek juga menjadi penyebab inflasi.

Yos menambahkan, dari 386 komoditas yang dipantau sebanyak 83 komoditas mengalami kenaikan harga sementara 48 komoditas mengalami penurunan harga.

Terkait ini, Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel menilai, masih tingginya harga jual daging ayam di pasaran lantaran panjangnya mata rantai distribusi untuk komoditas tersebut.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Yustianus mengatakan, dari peternak hingga sampai ke pembeli, setidaknya ada 6-7 mata rantai distribusi yang harus dilewati. Hal ini yang menjadi pemicu harga ayam potong tak kunjung stabil, terlebih menjelang puasa hingga Hari Raya.

"Tak bisa dipungkiri mata rantai distribusi daging ayam itu cukup sulit diputus, dari peternak-perusahaan ke broker, pedagang, kemudian ke pengecer baru ke konsumen. Lalu, antara supply dan demand juga tak seimbang, lebih banyak permintaan daripada pasokan," jelasnya.

Oleh karena itu, pemerintah bersama tim satuan tugas pangan hingga kini masih mencari solusi serta berkoordinasi ke Peternakan, agar harga ayam potong bisa kembali normal dan sesuai kebutuhan. (May)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi