Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 11 Mei 2017 16:42     Dibaca: 590 Pembaca

Dana PKH Dibayar Non Tunai

Foto Istimewa

Pagaralam, Detik Sumsel – Berbeda dengan tahun sebelumnya. Di tahun 2017 ini, untuk penyaluran dana Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM), akan dibayarkan secara non tunai.

“Ya, tahun 2017 ini, untuk penyaluran dana PKH kepada KPM tak lagi dilakukan melalui PT Pos, akan tetapi bisa langsung diambil melalui rekening KPM bersangkutan, diambil ke Bank BRI yang telah ditunjuk langsung Kementerian Sosial,” ujar Kepala Dinas Sosial Kota Pagaralam, H Sukman SE MM, melalui Kabid Banjamsos, Asdimanto SE MM, kemarin.

Penyaluran dana PKH melalui Bank ini, tambah Asdimanto, tak lain untuk memudahkan KPM mengambil dana bantuan serta menghindari terjadinya antrean yang panjang. “Karena itu, bagi KPM mendapatkan bantuan dana PKH harap segera melakukan pembuatan rekening Bank BRI. Untuk jadwal penyaluran dana PKH kita masih menunggu informasi lebih lanjut dari Kementerian Sosial, termasuk petunjuk teknis (Juknis) penyalurannya,” bebernya.

Mengenai jumlah peserta PKH di tahun 2017, kata Asdimanto, mengalami penambahan yang cukup signifikan dibanding tahun 2016 lalu. “Jumlah peserta PKH tahun 2017 memang ada penambahan. Bila di tahun 2016 lalu jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) lama ada 832, saat ini jumlah KPM baru mencapai 1.442,” terangnya.

Dengan ditambahnya sebanyak 1.442 peserta baru, maka jumlah total KPM tahun 2017 sebanyak 2.274. Adapun rinciannya antara lain, di Kecamatan Dempo Selatan jumlah KPM lama ada 116 dan KPM baru 282 total 398, Kecamatan Dempo Tengah jumlah KPM lama 161 dan KPM baru 190 total 351.

Sementara untuk Kecamatan Dempo Utara jumlah KPM lama 129 dan KPM baru 414 total 543, khusus Kecamatan Pagaralam Selatan jumlah KPM lama 194 dan KPM baru 245 total 439, terakhir di Kecamatan Pagaralam Utara jumlah KPM lama 232 dan KPM baru 311 total 543.

Ditanya kapan waktu penyaluran dana PKH dilakukan, Asdimanto menyebut hingga kini pihaknya belum bisa memastikan hal tersebut, mengingat masih menunggu informasi dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Sumsel.

“ Belum tahu kapan realisasinya. Saat ini kita lagi akan menghadiri rapat koordinasi di Kabupaten Muara Enim mengenai masalah PKH itu sendiri. Jadi kita tunggu dulu hasil rapat ini. Kita berharap masyarakat selaku peserta PKH dapat mempergunakan bantuan diberikan sesuai dengan peruntukannya,” harapnya (gud)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi