Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Puji     Tanggal : 06 Juni 2018 21:13     Dibaca: 142 Pembaca

Dari Senpira Hingga Narkoba Hasil Sitaan Polda Sumsel Dimusnahkan

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara saat memusnahkan barang bukti senjata api rakitan di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) : Foto : Tohir

Palembang, Detik Sumsel -- Ratusan pucuk senjata api rakitan baik laras panjang dan pendek hasil tangkapan maupun serahan dari masyarakat diberbagai jajaran Polres, Polda Sumsel dimusnahkan disela - sela apel gelar pasukan Operasi Ketupat Musi 2018 dipelataran Benteng Kuto Besak, Kecamatan Ilir Barat I Palembang Rabu (6/6).

Selain Senpira, pemusnahan barang bukti narkoba juga dilakukan oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel dimana barang bukti yang dimusnahkan yakni 9893 butir pil ekstasi dan 13 ribu gram sabu - sabu.

"Semua barang bukti senpira ini hasil dua 2 minggu razia yang dilaksanakan oleh seluruh Polres jajaran Polda Sumsel. Dengan rincian 209 pucuk laras panjang dan ada 40 pucuk laras pendek," kata Kapolda Sumsel, Irjen Zulkarnain usai apel. di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Rabu (6/6/) sore.

Dikatakan Zulkarnain, mayoritas senjata api rakitan didapatkan dari hasil serahan warga sekitar. Namun ada juga beberapa pucuk senjata api rakitan yang diketahui merupakan hasil dari ungkap kasus yang dilakukan Ditreskrium.

"Mayoritas Senpira ini diproduksi oleh warga dari Sungai Ceper, Ogan Komering Ilir (OKI). Bahkan hal ini sudah diketahui secara umum dan polisi akan melakukan upaya persuasif untuk terus menghimbau warga,"ucapnya.

Dengan adanya kesadaran masyarakat secara sukarela menyerahkan Senpira ke Polisi dirinya mengapresiasi setinggi tinggi.

"Kami sebagai aparat penegak hukum terus mensosialisasikan kepada masyarakat jika masih menyimpan Senpira dirumah untuk segera menyerahkan kepada pihak kepolisian setempat. Karena jika diserahkan dengan sukarela Polisi tidak akan menindak nya namun jika kedapatan maka sanksi nya berat,"tegasnya.

Pantauan dilapangan pemusnahan Senpira dirusak dengan cara dipotong dengan mesin gerinda, sedangkan narkoba baik sabu - sabu maupun ekstasi dimusnahkan dengan cara diblender lalu dibuang kedalak closet.(oji) 

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi