Diposting oleh : AMS     Tanggal : 31 Agustus 2017 12:43     Dibaca: 331 Pembaca

Deru, Dodi dan SO Dinilai Terbukti Kinerjanya

Alasan memilih gubernur dipengaruhi oleh sifat kepemimpinan. (Grafis Ram/DetikSumsel.Com)

Palembang, DetikSumsel- Hasil survey Polmark, 10–17 Agustus lalu tidak saja menyajikan tingkat elektabilitas kandidat kuat calon Gubernur Sumsel 2018-2023 nanti. Tapi juga terdapat temuan alasan masyarakat menentukan pilihan terhadap kandidat. Menariknya, tiga kandidat terkuat, yakni Herman Deru, Dodi Reza Alex dan Syahrial Oesman (SO) dipilih karena dinilai berhasil memimpin atau terbukti kinerjanya.

Direktur Riset Polmark Indonesia, Eko Bambang Subiantoro mengatakan, temuan survey terlihat bahwa alasan memilih gubernur dipengaruhi oleh sifat kepemimpinan yang paling penting, antara lain merakyat (40,1%), jujur, baik dan bertanggung jawab (29,5%), bijaksana dan adil (9,3%), berwibawa tegas (7,7%) , berjiwa pemimpin 4,4% dan berpengalaman sebesar 1,4%.

“Jika pemilih dibedakan berdasarkan akan memilih, maka Herman Deru mayoritas dipilih atas dasar karakternya yang merakyat, Sedangkan SO mayoritas dipilih atas dasar dikenal cerdas dan kaya pengalaman, Kemudian Dodi dipilih atas dasar dikenal sebagai sosok yang tegas dan berwibawa,” kata Eko dalam rilisnya.

Dalam survey yang mengambil sample secara proporsional berdasarkan besaran jumlah pemilih terhadap 1200 responden berdomisili di Sumsel dan telah mempunyai hak pilih, berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah tersebut, terdapat ulasan berdasarkan pekerjaan pemilih. Dimana, petani/nelayan dan ibu rumah tangga menempati aspek pemilih paling potensial untuk digarap memnginat jumlahnya mencapai 53 persen pemilih.

“Kandidat yang ingin menang haruslah menimbang untuk fokus pada penggalan terhadap pemilih etnis terbesar. Yakni, Jawa (28 persen), Palembang (14,5 persen), Komering (12,9), serta melayu (12,1 persen). Juga fokus pada penggalangan terhadap masyarakat ekonomi lemah yang berpenghasilan di bawah tiga juta rupiah perbulan yang mencapai 85,3 persen,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan hasil temuan surbey dengan tingkat kepercayaan mencapai 95% dengan margin error sekitar 2,9% tersebut, memperlihatkan jika Pilkada Sumsel dilaksanakan bulan Agustus 2017 maka urutan pilihan masyarakat adalah pertama Herman Deru sebesar 34,2 persen, kedua Dodi Reza Alex 12.9 persen dan Syahrial Oesman 11,9 persen.

Sementara itu,  elektabilitas Bupati Lahat Aswari Rivai mencapai 7,8 persen, Ishak Mekki (Wagub Sumsel) 6,4 persen dan mantan Walikota Palembang ESP mencapai 4,7 persen.  Figur lainnya seperti Susno Duadji, Iskandar Sahil, Giri Ramanda Kiemas, Mawardi Yahya dan Iskandar Hasan elektabilitasnya dalam kisaran 1 persen. Jumlah undecided voters (yang belum menentukan) masih sebesar 16,7%. (Dul/Ril)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi