Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Fazds     Tanggal : 08 Mei 2018 20:52     Dibaca: 171 Pembaca

Dewan Sepakati 7 Raperda Menjadi Raperda Inisiatif

DPRD Kabupaten Ogan Ilir saat menerima Kunker DPRD Kendal Jawa Tengah

Indralaya, Detik Sumsel - Badan Pembentukan Raperda DPRD Kabupaten Ogan Ilir mengusulkan 7 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dalam Rapat Paripurna ke VII tahun sidang 2018 di ruang rapat Paripurna DPRD OI komplek perkantoran terpadu (KPT) Tanjung Senai, Selasa (8/5).

Ke 7 Raperda tersebut di sepakati menjadi Raperda Usulan inisiatif DPRD OI dan selanjutkan dilakukan pembahasan oleh panitia khusus (Pansus) bersama Mitra-mitra kerja OPD Pemkab OI.

Rapat paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua I DPRD OI Ahmad Syafei, Wakil Ketua II Wahyudi, dan dihadiri Bupati OI Ilyas Panji Alam yang diwakili oleh Sekda H. Herman.

Ketua Badan Pembentukan Raperda Amir Hamzah mengatakan dari usulan BPRaperda, 7 Raperda di setujui oleh sidang paripurna menjadi Raperda Inisiatif. 

Ke 7 Raperda tersebut

1. Perubahan  Daerah di Kecamatan karena banyaknya masyarakat mengeluhkan untuk melakukan pemekeran kecamatan seperti di sungai pinang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

2. Perubahan  Peraturan Daerah tentang tanggung jawab perusahaan dan lingkungan tentang tanggug jawab sosial dan perusahaan terhadap lingkungan dimasyarakat dan pertanggung jawaban perusahaan terhadap limbah.

3. Perubahan  peraturan daerah tentang Pelestarian dan pemeliharaan cagar budaya yang merupakan hasil dari daerah OI yang harus dikelolah dan dipemanfaatkan karena sangat berguna bagi anak didik di masyarakat OI.

4. Perubahan  peraturan daerah tentang perlindungan anak untuk mencegah kekerasaan anak sesuai UUD no 23 tentang penghapusan kekerasaan anak dan rumah tangga. 

5. Perubahan peraturan daerah tentang perlindungan ketenaga kerja/buruh untuk diperjuangkan nasib pekerja dengan memeprhatikan pengembangan usaha yang ada di OI.

6. Perubahan peraturan daerah tentang Industri di OI sangat penting karena banyak memberikan kontribusi PAD bagi kabupaten Ogan Ilir

7. Perubahan Peraturan daerah tentang pembentukkan desa bahwa untuk kepentingan masyarakat setempat yg mempunyai hak sesuai dengan aspirasi masyarakat yang harus melakukan pengembangan desa dan ini dibutuhkan raperda untuk membentuk pemekaran desa. 

Sementara itu, pimpinan sidang Wakil Ketua I Ahmad Syafe'i mengatakan ke 7 Raperda ini akan dibahas lebih lanjut. Maka dari itu perlu dilakukan pembentukam panitia khusus. " Pembahasan 7 Raperda ini mesti dilakukan secara mendalam, dan perlu kanjian yang tepat. Maka kita akan bentuk Pansus untuk melalukan pembahasan secara konprehensif, "jelasnya.

Kunker DPRD Kendal

Sementara itu, dihari yang sama DPRD OI menerima Kunjungan kerja DPRD Kota Kendal Jawa Tengah dalam rangka studi banding pelayanan publik. Pertemuan dua lembaga kolega ini  berlangsung diruang rapat Ketua DPRD OI Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai OI, Selasa (8/5).

Pantauan detiksumsel kedatangan DPRD Kota Kendal berjumlah 8 orang disambut langsung oleh ketua Komisi I Amir Hamzah beserta anggota lainnya.

Ketua Rombongan DPRD Kota Kendal H. Sholihin mengatakan tujuan kedatangannya tersebut untuk mencari refrenshi terkait pelayanan publik di OI ini.

"Kita study bandi ke DPRD OI ini untuk mencari tahu sejauh mana pelayanan publik di OI karena di daerah kota kendal ini banyak masyarakat tidak puas dengan pelayanan publik seperti dalam pembuatan Kartu tanda penduduk dan kartu keluarga, "katanya.

Padahal Kabupaten OI ini banyak daerah yang terpencil tetapi tetap kondusif di masyarakatnya dalam berurusan dangan intansi, selain itu juga banyak media masa di kota Kendal ini yang berpolotik sehingga membuat terhambat dalam pelayanan publik.

"Oleh karena itu kita memilih OI ini untuk mencari perbandingan sejauh mana pelayanan publik di OI ini tetap kondusif,"terangnya. (AL)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi