Iklan Lucianty Pahri
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Efen Permata     Tanggal : 09 Mei 2017 12:17     Dibaca: 1163 Pembaca

Di Palembang Harga Bawang Putih Melambung, Bawang Merah Stabil

Salah satu pedagang di pasar tradisional, Selasa (9/5/2017).

Palembang, Detik Sumsel – Menjelang bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok mulai mengalami kenaikan. Pantauan detiksumsel.com di beberapa pasar tradisional, kenaikan terjadi pada komoditi sayur dan daging.

Bawang putih misalnya, yang harga semulanya Rp 34 ribu meroket menjadi Rp 50 ribu per kilogram (kg). Kenaikan juga terjadi pada sayur-sayuran, seperti sayur sawi dari harga Rp 6 ribu menjadi Rp 10 ribu per kg dan kacang panjang dari Rp 5 ribu menjadi Rp 8 ribu per kg.

Selain itu, daging ayam menembus harga Rp 30 ribu dari sebelumnya Rp 28 ribu per kg. Diikuti dengan telur ayam yang semula Rp 16 ribu menjadi Rp 18 ribu.

Namun, kenaikan belum terjadi pada bawang merah yang masih bertahan di harga Rp 30 ribu per kg, cabai merah Rp 25 ribu per kg, gula pasir Rp 12 ribu per kg, tepung terigu Rp 9 ribu per kg, serta daging sapi Rp 130 ribu per kg.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Efendi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Bulog untuk mengontrol harga sembako di pasaran. Hasilnya akan dilaporkan ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) agar harga sembako tetap stabil. Kalaupun nanti ada kenaikan harga tidak terlalu signifikan.

"Kenaikan harga tidak bisa kita prediksi, karena sistem perekonomian tidak bisa ditebak, kalaupun nantinya akan ada kenaikan harga itu tidak terlalu signifikan. Namun, kita mengupayakan agar tetap tidak ada kenaikan harga," jelasnya saat di konfirmasi, Selasa (9/5/2017).

Lebih lanjut, sayuran seperti cabai dan bawang serta makanan pokok seperti beras untuk Kota Palembang harganya memang tidak stabil dikarenakan tergantung dengan musim.

"Akibat musim hujan seperti sekarang, cabai pasti sulit tumbuh. Makanya sesuai anjuran dari pusat  untuk menggalakkan kepada masyakat agar menanam di pot-pot untuk mengatasi kelangkaan. Bisa juga dengan cara dikeringkan," ungkapnya.

Ditambahkannya, meski saat ini harga sembako sudah mulai mengalami kenaikan, lonjakan harga akan kembali terjadi pada dua pekan menjelang hari raya Idul Fitri.

"Kita setiap hari sudah melakukan operasi pasar bersama Dinas Kominfo untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako menjelang Hari Raya Idul Fitri, untuk harga daging pasti akan naik karena prekonomian tidak bisa ditebak," jelasnya. (Pen)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi