Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 05 Februari 2017 22:28     Dibaca: 595 Pembaca

Dihuni 123 Napi dan Tahanan, Rutan Pagaralam Over Crowded

Pagaralam, Detik Sumsel - Kondisi Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Pagaralam sangat memprihatinkan. Yang seharusnya pembangunan gedung baru bagi warga binaan ini yang tak kunjung terealisasi, berimbas sejumlah kamar-kamar disesaki hingga puluhan Napi. Dengan kata lain, kamar tahanan sudah over crowded, akibat melebihi kapasitas.

Hal ini diungkapkan Kepala Rutan Cabang Pagaralam, Elharyanto SH, melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan, Nurdin. Saat ini, jumlah tahanan mencapai 123 orang Napi dan tahanan penyidik, baik dari Polres Pagaralam dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pagaralam. Bahkan satu kamar ada yang ditempati 20 Napi, bahkan lebih.

“Sebenarnya kita sudah over crowded, melebihi kapasitas idealnya. Rencana ke depan akan dikoordinasikan ke pihak Kanwil Kemenkum HAM, salahsatunya memindahkan Napi yang diputus hukuman di atas 10 tahun,” kata dia.

Sebelumnya dia mengatakan, idealnya maksimal penghuni cabang Rutan tak lebih dari 80 orang. Jika melihat kondisi fasilitas kamar, sel, ataupun ruangan khususnya yang ada. Kendati dinilai perlu untuk segera menempati bangunan baru. “Saat ini kita masih mengupayakan pembangunan kantor Rutan yang baru, demikian juga untuk pembinaan kepada warga binaan, masih terus kita optimalkan kendati kondisinya saat ini masih keterbatasan sarana yang ada di Rutan,” ulasnya.

Dia juga menegaskan, untuk kondisi kantor lembaga pembinaan di Pagaralam ini seyogyanya dilakukan pembenahan, kondisi bangunan yang ada saat ini masih belum optimal, baik luas area Rutan serta fasilitas lainnya. “Luas area Cabang Rutan saat ini sekitar 1.030 meter per segi,” ulasnya.

Sedangkan untuk fasilitas warga binaan (narapidana dan tahanan, red) ini terdiri dari 3 Kamar Napi dengan kapasitas maksimal 20 orang, 2 kamar tahanan. “Ditambah dengan kamar khusus untuk Napi atau tahanan wanita dan anak-anak. Serta sel khusus bagi Napi atau tahanan bermasalah atau tahanan baru masuk,” ujarnya seraya mengatakan, kendati demikian dengan jumlah personel penjagaan yang terbatas pengawasan terhadap Napi dan tahanan tetap dioptimalkan. (vhan)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi