Diposting oleh : Feriandi     Tanggal : 10 Maret 2017 19:10     Dibaca: 237 Pembaca

Dinas PBK Tidak Tau Daerah Rawan Kebakaran

Ilustrasi Kebakaran Hutan Dan Lahan

Baturaja, Detik Sumsel - Hasil prediksi Badan Meteorogi Krimatologi dan Geofisika (BMKG) Tahun 2017 akan mengalami cuaca ekstrim, yakni kemarau panjang bahkan dua Provinsi yang di klaim rawan kebakaran, salah satunya Provinsi Sumatera Selatan.

Untuk menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan Lahan (Karhutlah), di Bumi Sebimbing Sekundang ini, pihak Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) hanya memiliki 10 unit mobil Damkar yang tersebar di 8 Kecamatan. "Unit mobil pemadam kita baru ada 10 unit, 8 unit di kecamatan dan 2 unit di posko induk,"kata Kepala Dinas PBK Himda, Jum'at (10/3).


Menurutnya, memang semestinya di setiap kecamatan harus memiliki unit mobil PBK,"Masih lima kecamatan yang belum ada unit mobil pemadam diantaranya, Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya, Sosoh Buayrayap, Sinar Peninjauan, Baturaja Barat,"terangnya.

Disinggung ada berapa kecamatan yang rawan kebakaran, pihaknya mengaku tidak memiliki data,"Kami tidak ada data tentang wilayah yang rawan kebakaran, karena itu kewenangannya di Satker, yaitu Polres dan Kodim,"ungkap Himda.

Berkaitan dengan menjelang musim pembukaan lahan tahun ini pihaknya menghimbau, agar masyarakat tidak lagi melakukan pembakaran, sekalipun hanya sampah. "Dengan adanya komitmen lintas sektoral, agar masyarakat waspada dan segera melaporkan jika terjadi kebakaran, kalau memang unit di kecamatan tersebut tidak ada hubungi unit kecamatan terdekat,"jelasnya.

Sebelumnya Bupati OKU Drs H Kuryana Azis, mènghimbau kepada seluruh perusahaan yang ada di wilayah OKU untuk peduli soal penanggulangan bahaya kebakaran.
"Diminta setiap perusahaan tanggap serta peduli untuk menanggulangi bahaya kebakaran dan menyediakan unit pemadam,"tegas Bupati. (fei)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi