Detik Sumsel Goes to Campus
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Fazds     Tanggal : 04 Januari 2018 19:08     Dibaca: 259 Pembaca

Diskominfo Ajak Masyarakat Tangkal Berita Hoax

Kadis Kominfo Drs. M. Yohanas. M.Pd

Indralaya, Detik Sumsel - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Ogan Ilir menyatakan perang dan siap melawan informasi hoax yang kerap berkembang di tengah-tengah masyarakat. 

Salah satu langka yang akan diambil adalah dengan memberikan informasi yang benar dan memperbanyak literasi bagi masyarakat serta menghimbau masyarakat agar meregistrasi nomor handphone mereka sebagaimana telah diatur oleh Pemerintah pusat melalui Kementrian Kominfo RI. 

"Sebagai Kepala Dinas Kominfo yang baru, masih banyak pekerjaan yang mesti dilakukan. Seperti peningkatan dalam memberikan informasi dan upaya meminimalisir penyebaran berita hoax yang marak di tengah masyarakat saat ini, "kata Kadis Kominfo Drs. M. Yohanas. M.Pd ditemui diruang kerjanya, Kamis (4/1/2018).

Dijelaskan Yohanas,  penyebaran berita hoax ini banyak melalui media sosial dan sudah dalam tahap yang meresahkan. Untuk itu pihaknya akan melibatkan stakeholder yang berkaitan dengan hal itu, sehingga informasi sesat tersebut bisa di cegah dan ditangkal agar tak meluas ke masyarakat. 

"berita bohong Hoax ini menyesatkan, maka harus kita lawan secara bersama-sama, karena berita hoax ini akan berdampak tidak baik bahkan bisa menimbulkan perpecahan," tegasnya.

Untuk itu, Yohanas menghimbau masyarakat untuk tidak muda mempercayai berita-berita yang tidak jelas sumbernya.

" Cek dulu kebenarannya, cari informasi sebanyak-banyaknya apakah benar atau tidak. Jangan belum baca, sudah ikut menyerbarkan,"katanya.

Dalam kesempatan ini, Yohanas. M.Pd  mengaku merasa bersyukur atas jabatan yang dipercayakan kepada dirinya. Dan tentu kepercayaan ini akan dijawab dengan kinerja yang baik dan penuh inovasi.

"Tentunya jabatan ini adalah karunia Tuhan. Namun jabatan tersebut juga sebuah tantangan yang mesti saya jalankan sebaik mungkin. Sesuai amanah dari Bupati OI dan sumpah yang saya ucapkan," jelasnya

Disinggung soal media online di OI yang belum begitu mendapat tempat untuk bisa menjalin kerja sama dengan Pemkab OI, Yohanas mengaku akan  mengupayakan sedemikian rupa. Sehinga kesempatan itu (kerja sama) juga bisa dirasakan media online, yang diketahui juga saat ini sudah menjadi tren warga dalam mencari informasi terkini.

"Saya akan lanjutkan kinerja kadin sebelumya. Mungkin beliau sebelumnya sudah mengupayakan terkait keberadaan media online, namun saat ini karena saya masih baru menjabat, pastinya butuh proses," tegas dia.

Namun, lanjut Yohanas, media apapun itu (elektronik, cetak, maupun online) kedepan akan pihaknya upayakan agar dapat bekerjasama dengan Pemkab Ogan Ilir.

"Nanti akan kita jalin kerjasama dengan media online, dengan harapan penyebaran informasi tak melulu hanya berkutat dengan salah satu jenis media massa saja. Sehingga tak terjadi kecemburuan dalam liputan berbayar di kegiatan Pemkab OI, " tandasnya. (AL)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi