Iklan Lucianty Pahri
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Puji     Tanggal : 14 November 2017 12:55     Dibaca: 965 Pembaca

Ditreskrimsus: Kasus Sakim Bukan Penistaan Agama, Tapi Pelanggaran UU ITE

Suasana pelaporan kasus dugaan penghinaan agama islam

Palembang, Detik Sumsel -- Respon cepat yang dilakukan oleh pihak kepolisian dalam hal ini Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel dalam menanggapi laporan masyarakat terkait kasus dugaan penghinaan agama islam yang dilakukan oleh Sakim Nanda Budisetiawan Homandala mantan anggota DPRD Provinsi Sumsel.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel Kombes Pol Rudi Setiawan menjelaskan dalam kasus ini tidak ditemukan unsur penistaan agama, namun pihaknya tetap merespon laporan masyarakat terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan terlapor dengan cara mentransmisikan, mengupload video yang bermuatan SARA.

"Akan tetapi peristiwa yang dilaporkan kemarin dugaan nya melanggar pasal 28 ayat (2) UU ITE nah yang ini sedang kami proses,"katanya ditemui disela - sela HUT Brimob Selasa (14/11/2017).

Ditambahkannya, langkah awal dalam memproses kasus ini sudah dengan mempelajari videonya termasuk memeriksa saksi pelopor sebanyak empat orang mereka dengan senang hati dan siap membantu polisi dalam proses penyidikan.

"Kami juga akan mengecek validasi video dengan menggandeng tim ahli dibidang nya guna memastikan apakah video tersebut mengandung SARA atau tidak, karena tim ahli lah yang bisa menjelaskan isi ataupun arti dari video tersebut. Untuk dirinya menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan serahkan nya ke proses hukum,"bebernya.

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi