Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh :     Tanggal : 28 April 2017 16:50     Dibaca: 374 Pembaca

DPRD Sebut Pemkab Empat Lawang Minim Koordinasi dengan Pemerintah Pusat

Foto ilustrasi

Empat Lawang, Detik Sumsel – Ketua Komisi I DPRD Empat Lawang Makmun mengungkapkan, masih kecilnya besaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Empat Lawang diduga lantaran minimnya koordinasi dan sinkronisasi antara pemerintah daerah pemerintah pusat. 
 
Makmun menilai, ada kesalahan pelaporan jumlah penduduk yang dilakukan oleh Pemda sehingga turut mempengaruhi besaran Dana Alokasi Umum (DAU)."Selama ini pemerintah melaporkan hanya ada 200 ribuan jumlah penduduk ke Kementrian, padahal jumlah penduduk dan luas geografis daerah sangat mempengaruhi besaran nilai DAU,” katanya
 
Ditambahkannya, hal tersebut tentu berbeda jauh dengan jumlah penduduk Empat Lawang saat ini yang sudah mencapai angka 400 ribuan."Harusnya kalau yang dilaporkan itu 400 ribu maka jumlah DAU otomatis bertambah," katanya.
 
Untuk itu, Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Empat Lawang untuk segera memvalidasi data penduduk. 
"Saya secara lembaga sudah meminta Disdukcapil untuk memvalidasi data kependudukan, jangan sampai data itu justru menghambat penambahan DAU," terangnya.
 
Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang Edison Jaya ketika dikonfirmasi membantah, jika selama ini Disdukcapil tidak valid dalam memberi data apalagi dengan sistem online maka tidak memungkinkan adanya kekeliruan data.
 
"Data penduduk memang selalu dinamis, tidak mungkin begitu-begitu saja. Tetapi perlu diketahui, pendataan penduduk tidak semudah yang dibayangkan, apalagi setiap hari selalu ada yang membuat akte kelahiran namun belum tentu membuat akte kematian, padahal rasio antara kematian dan kelahiran hampir sama," tandasnya (cha)


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi